image source : freepik.com

5 Investasi Menguntungkan di Tahun 2021

Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita harus memahami bahwa investasi adalah passive income yang bisa kita gunakan untuk dana pendidikan, dana darurat, dana kesehatan, bahkan dana pensiun. Saat ini, alat investasi sangat banyak beragam. Masing-masing alat memiliki kelebihan dan kekurangan serta memiliki risiko yang berbeda-beda. Berdasarkan penjelasan di atas, berikut 5 investasi menguntungkan di tahun 2021 yang bisa Anda pelajari dan coba.

1. Saham

Berinvestasi dalam saham adalah alat yang paling populer dan banyak digunakan. Berinvestasi saham merupakan salah satu investasi yang berisiko tinggi dan return yang tinggi, yaitu memiliki risiko yang tinggi tetapi return atau hasil yang kita peroleh juga besar. Itulah mengapa saham menjadi nomor satu dalam daftar investasi yang menguntungkan di tahun 2021. Sebelum berinvestasi di dunia saham, Anda harus benar-benar memahami fungsi perusahaan yang Anda tuju, laporan keuangan dan nilai-nilai inti perusahaan.


Jangan mudah tergiur dengan berbagai macam penawaran dengan godaan return atau imbal hasil yang tinggi sebagai investasi yang menguntungkan di tahun 2021. Cobalah untuk menyeimbangkan risiko dengan hasil yang diperoleh. Berinvestasi saham memang bisa memberikan keuntungan yang besar, namun hal ini hanya terjadi jika kita memilih perusahaan yang tepat. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup sebelum terjun ke dunia investasi saham.

2. Emas

Emas selalu menjadi komponen utama yang diinvestasikan oleh sejumlah orang. Harga emas yang bisa dibilang cukup stabil dan cenderung naik setiap tahunnya menjadi alasan utama mengapa berinvestasi di sektor emas merupakan jenis investasi yang cukup menguntungkan dan aman di tahun 2021 ini. Saat ini, Sahabat Pintar juga dapat dengan mudah menemukan platform untuk berinvestasi emas secara online. Namun pastikan untuk memilih organisasi atau perusahaan yang kredibel dan tidak palsu.

3. Reksa Dana

Di antara sejumlah investasi yang ada, reksa dana merupakan investasi dengan risiko paling rendah. Meski risikonya rendah, hasil yang kami dapatkan juga relatif kecil. Kita bisa memulai investasi reksa dana dengan dana kecil mulai dari ratusan ribu rupiah. Uang yang akan kita setorkan ini kemudian akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan kembali di bursa atau portofolio yang lebih menjanjikan. Walaupun manfaat yang diberikan relatif kecil, namun jika kita melakukan investasi ini selama bertahun-tahun, akan sangat membantu kita di masa depan.

4. Peer to Peer (P2P) Lending

Investasi menguntungkan berikutnya di tahun 2021 adalah peer-to-peer (P2P) lending. Alat ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Sederhananya, P2P lending adalah penyaluran uang untuk menjalankan usaha atau bisnis dan bukan untuk keperluan konsumtif. Sahabat cerdas perlu berhati-hati saat berinvestasi di sektor P2P lending karena banyak sekali website atau aplikasi yang terbukti menipu penggunanya. Pastikan Anda memilih platform P2P lending yang telah lulus ujian OJK.

5. Investasikan pada diri Anda sendiri

Investasi menguntungkan terakhir di tahun 2021 adalah investasi pada diri sendiri. Dengan mengembangkan diri Anda dalam segala aspek, mulai dari kesehatan, keterampilan atau kemampuan Anda, ini akan meningkatkan pendapatan Anda di masa depan.
Perluas pengetahuan Anda dengan membaca buku, menghadiri seminar, atau menghabiskan waktu bersama lebih banyak orang sukses. Anda dapat berinvestasi dalam diri Anda sendiri pada saat yang sama Anda berinvestasi dalam alat-alat lain. Maka dengan ini, keuangan jangka panjang Sobat Pintarpun akan meningkat dan sebanding dengan kualitas hidup Sobat Cerdas itu sendiri nantinya.

Check Also

Aplikasi Saham Terbaik 2021

Unduh Aplikasi Penghasil Uang [DISINI]Unduh Aplikasi Bansos [DISINI]Unduh Penghasil Uang Terbaik [DISINI] Bagi pengguna internet zaman sekarang, aplikasi …