6 Cara Merawat Kucing yang baik dan benar untuk pemula

Jovagema – Mungkin sebagian besar dari kita mengira jika kucing adalah hewan yang mandiri. Memang kelakuan hewan kucing membuat kita merasa demikian namun tetap saja kucing membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu kita harus benar-benar tahu bagaimana cara merawat kucing kesayangan kita agar selalu terlihat bersih dan sehat.

Ada beberapa hal yang kita harus perhatikan dalam proses merawat kucing. Mulai dari segi tempat, makanan hingga hal-hal lain yang mampu mempengaruhi kesehatan kucing.

Cara Merawat Kucing untuk pemula

Cara merawat kucing
cat by pexels.com

Nah, di bawah ini kita akan mengetahui bagaimana cara merawat kucing yang baik dan benar bagi pemula atau juga bagi yang sudah berpengalaman merawat kucing.

  • Beri makan secara teratur

Dengan memberi makan kucing secara teratur akan menghindari kucing mencari makan secara sembarangan, jadi pastikan untuk memberi kucing makan secara teratur sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari. Lalu untuk kucing berusia 6 hingga 12 minggu di anjurkan untuk memberi makan 4 kali sehari agar mempercepat pertumbuhan kucing. Selain itu kamu harus memperhatikan tempat makanan kucing yang harus benar membuat kucing nyaman saat sedang makan. Intinya cari wadah yang di modifikasi juga sebagai tempat bermain si kucing.

  • Periksakan secara teratur

Entah kucing anda di kandang atau tidak Anda tetap harus melakukan pemeriksaan rutin terhadap kucing kesayangan kita. Biasanya pemeriksaan ini di bagi menjadi dua yakni bulanan dan juga tahunan. Pemeriksaan bulanan itu yang seperti apa ? pemeriksaan bulanan pada umumnya adalah perawatan bulu dan juga kesehatan kucing secara menyeluruh. Lalu untuk pemeriksaan tahunan ini biasaya berfokus pada pemeriksaan organ dalam kucing.

Pemeriksaan secara teratur ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kucing, apalagi kucing yang tidak di kandang dan sering berkeliaran di luaran rumah. Kucing tanpa kandang memiliki kemungkinan bertemu dengan hal yang dapat mempengaruhi kesehatan kucing, oleh karena itu pemeriksaan secara teratur sangat bermanfaat untuk mengecek apakah si kucing sehat atau terkena virus yang berbahay bagi kesehatan kucing.

  • Mandikan kucing

Kucing yang kotor akan mudah terserang penyakit, selain itu memandikan kucing akan selalu menjaga penampilan kucing tetap bersih dan enak di pandang. Mandikan 2 kali dalam satu minggu untuk menjaga bulu tetap halus dan bersih dari kotoran yang menempel. Berikan shampoo khusus kucing agar kucing terhindar dari kutu yang cukup dapat mempengaruhi kesehatan kucing itu sendiri.

  • Sisir bulu kucing

Setelah selesai di mandikan dan di keringkan, sisir bulu kucing agar selalu terlihat rapi. Penyisiran bulu ini bisa di lakukan apabila kita merasa bulu kucing kesayangan kita kusut dan teratur. Jika perlu kita lakukan grooming untuk merapikan bulu yang terlalu panjang dan terkesan tidak beraturan. Jika ingin menyisir bulu kucing hendaknya memperhatikan usia sehingga bisa di pilihkan sisir jenis apa yang cocok. Untuk kucing dewasa gunakan slicker brush yang pipih sedangkan untuk anak kucing yang masih kecil gunakan sisir bergigi lembut yang berukuran mini.

Menyisir bulu kucing ini berfungsi untuk mengangkat bulu-bulu yang sudah mati. Selain itu tujuannya agar kucing terhindar dari jamur yang biasa menempel pada bulu-bulu yang sudah mati.

  • Bersihkan gigi kucing

Tahukah petlovers jika gigi kucing juga harus di bersihkan seperti halnya manusia agar jika sewaktu-waktu kucing tidak sengaja menggigit kulit kita tidak akan menimbulkan infeksi dari bekas gigitan tersebut. Karena mungkin akan ada beberapa kucing yang giginya terserang beberapa virus dan kita tidak akan tahu. jadi ada baiknya kita bersihkan gigi kucing jika dirasa perlu.

Gunakan pasta gigi khusu kucing yang biasa di jual di toko hewan atau di onlineshop. Namun hindari pasta gigi yang mengandung zat beracun untuk kucing seperti zat flourida dan zat berbahaya lainnya. Menyikat gigi kucing akan menjaga kebersihan gigi kucing sehingga terhindari dari bakteri atau plak yang menempel dan membuat penampilan kucing menjadi tidak menarik.

  • Beri alas tidur yang nyaman untuk kucing

Entah itru kucing yang di kandang atau tidak ada baiknya petlovers memberi alas untuk tidur pada kucing agar kucing merasa nyaman sehingga mereka akan semakin jinak dan sayang pada pemiliknya. Sediakan alas yang lebut namun juga mudah untuk di bersihkan sehingga bisa di cuci dan di pakai kembali.

Tujuan lain dari memberi alas tidur untuk kucing ini agar bulu kucing selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Dari keenam cara merawat kucing di atas bisa kita langsung praktekan minimal 5 tips atau bahkan semua akan lebih bagus. Dengan melakukan perawatan yang rutin pada kucing kesayangan kita, maka mereka akan terhindar dari bakteri. Yang mana bakteri tersebut bisa saja masuk ke aliran darah si kucing dan menimbulkan penyakit serius pada kucing. Nah, itulah tips bagaimana cara merawat kucing dengan baik dan benar untuk pemula yang baru belajar memelihara kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*