image source : pixabay.com

Berikut Kelebihan Panel Surya Polikristalin di Indonesia

Panel surya sebagai perangkat listrik ramah lingkungan memiliki jenis yang berbeda-beda. Jenis yang sering dipilih adalah polikristalin. Walaupun kurang efisien dibandingkan dengan jenis monokristalin, ternyata jenis polikristalin memiliki banyak kelebihan. Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang panel surya Indonesia seperti di bawah ini.


Daftar Keunggulan Kristal

1. Unit Efisiensi yang Cukup Tinggi

Efisiensi unit merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dengan baik. Unit dengan efisiensi rendah tidak akan dapat berfungsi secara optimal dalam menyediakan energi listrik untuk kebutuhan penggunanya. Polycrystalline merupakan jenis panel surya yang memiliki efisiensi yang cukup baik meskipun masih lebih rendah dari monocrystalline.

2. Output Daya yang Stabil

Output daya yang stabil sangat penting untuk dipertimbangkan saat memilih panel surya. Output yang tidak stabil berpotensi merusak peralatan elektronik di rumah. Tentu hal ini akan membuat pemilik rumah merasa tidak nyaman. Hingga saat ini, Polycrystalline banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari sistem panel perumahan sampai dengan sebuah pabrik.
Penggunanya puas bahwa kristal memiliki banyak keunggulan. Bahkan, jenis panel surya ini sering dipilih sebagai jenis yang digunakan untuk penerangan jalan. Banyaknya peminat membuat Polycrystalline kini lebih banyak diproduksi dan menjadi salah satu jenis panel yang mudah ditemukan di Indonesia.

3. Performa Bagus Meski Sinar Matahari Kurang Ideal

Semua jenis panel surya Indonesia dapat berfungsi secara optimal jika didukung oleh sumber cahaya matahari yang sesuai. Seperti namanya, panel surya hanya bisa berfungsi untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Pintu masuk tidak dapat digantikan oleh yang lain sehingga pekerjaannya sangat tergantung pada faktor-faktor ini.
Cuaca mendung dan mendung seringkali menjadi kendala bagi masyarakat yang menggunakan panel surya. Spesies polikristalin juga memiliki masalah yang sama dan kurang optimal beroperasi saat cuaca mendung. Namun, efeknya tidak terlalu besar dan perangkat masih dapat bekerja dengan baik.

4. Mudah Dipasang

Pemasangan menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan. Papan ini dikatakan mudah dipasang. Namun, Anda sebagai orang awam akan kesulitan memasangnya sendiri. Anda membutuhkan seorang ahli agar proses instalasi dapat dilakukan dengan benar. Serahkan masalah instalasi kepada ahlinya.
Jadi tidak bisakah pemiliknya benar-benar sendirian tanpa bantuan ahli? Ya tentu, tetap membutuhkan para ahli karena panel surya memiliki komponen yang kompleks. Belum lagi semuanya saling terhubung sehingga membutuhkan instalasi yang mumpuni. Saya khawatir pemasangan yang salah akan membuat panel surya indonesia tidak dapat berfungsi dengan baik.


SUN Energy – Hingga saat ini, Polycrystalline adalah produk terlaris di pasaran. Walaupun efisiensinya masih lebih rendah dibandingkan dengan tipe monocrystalline, namun tipe ini tetap mampu melayani kebutuhan penggunanya dengan baik. Memilih jenis papan itu penting. Jadi, cari tahu informasi lebih mendalam mengenai jenis papan sebelum Anda membelinya.

Check Also

Kelebihan Teknologi 5G yang Akan Mengubah Peradaban

Kelebihan teknologi 5G sudah diakui oleh banyak pihak. DIpercaya, teknologi ini akan memberikan dampak yang …