Cara Cek Bansos Secara Online atau Menggunakan Aplikasi

Cara cek bansos secara online saat ini tidak sesulit jika dibandingkan sebelumnya. Terlebih karena tidak perlu memakai browser dan masuk ke website. Melainkan ada aplikasi khusus yang dapat Anda gunakan.

 

Tentu saja sudah dibuat langsung oleh Kementerian Sosial di Indonesia. Pembuatan memang disesuaikan dengan kebutuhan para penerima bantuan sosial. Hasilnya mudah digunakan dan membantu keperluan sebelum mengambil bansos tersebut.

 

Langkah Cek Bantuan Sosial Pemerintah

 

Untuk langkah mengecek bansos tentunya harus download aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu. Tidak boleh ketinggalan menyiapkan KK sampai KTP. Syarat ini sendiri telah dijadikan sebagai pendaftaran basic.

 

Disini Anda bisa mengajukan diri sendiri sebagai calon penerima bansos. Hal ini perlu dilakukan jika belum termasuk sebagai penerima. Selain itu sebenarnya masih bisa mengajukan untuk orang lain juga.

 

Sekarang semuanya dipermudah karena aplikasi ini dapat Anda unduh lewat Play Store. Perlu dilakukan sebelum melakukan pendaftaran tersebut. Memang belum dapat menggunakannya jika tidak membuat user ID.

 

Dalam pembuatan ID ini sendiri juga masih berupa KK dan KTP. Jangan lupa selain itu siapkan juga NIK sebagai tambahaan. Lalu harus mengisi data diri lengkap sampai email sebagai proses lanjutan.

 

Kita juga akan diwajibkan menambahkan foto KTP. Tidak boleh lupa ada syarat seperti selfie sambil berfoto dengan KTP. Lalu nantinya akan memperoleh kode OTP sebagai proses verifikasi terakhir.

 

Jika mengajukan sendiri, mungkin butuh waktu lebih lama sampai tersedia. Kalau termasuk penerima, maka akan terdapat dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Tinggal tunggu saja sampai tersalurkan bantuannya.

 

Besaran Nilai Bansos Untuk Masyarakat

 

Kalau kita berbicara mengenai besaran dana, tentu setiap orang bisa saja berbeda. Terutama menyesuaikan dengan kondisi atau status dari penerima itu sendiri. Bisa saja ada orang yang lebih besar penerimaannya.

 

Tapi jika sifatnya umum, maka dari segi nilainya sama saja dari orang lain. Bentuknya ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Usahakan sudah tahu jumlahnya agar saat diambil tidak ada kesalahan atau pengurangan.

 

Pastinya sering ada kasus seperti dana terkurangi atau problem lainnya muncul. Kita harus cerdik agar tidak menerima hal negatif seperti ini. Terlebih jika diurusi orang lain bukannya diri kita sendiri.

 

Hal seperti itu sebenarnya akan sulit ditemui kembali. Terutama karena pemberian dana sudah dilakukan dengan versi online dan menuju bank penerima langsung. Jadi, potongan sama sekali tidak ada disini.

 

Selain itu tanpa perlu ada pihak ketiga melakukan bantuan disini. Kalaupun ada, maka melalui pengawasan yang ketat dari pihak paling atas. Hasilnya 100% bansos akan diterima oleh para peserta bansos yang terdaftar.

 

Jika melihat dari langkah yang akan dilakukan, bisa tergolong mudah dilakukan semua orang. Bahkan jika Anda belum terbiasa dengan teknologi bisa segera belajar. Proses cara cek bansos secara online langsung berhasil dalam satu kali coba.

Check Also

Cara dan Syarat Daftar CPNS 2021/2022

Kelengkapan cara dan syarat daftar CPNS 2021/2022 harus diketahui. Terutama jika Anda sednag berusaha menduduki …