Cara dan Syarat Daftar CPNS 2021/2022

Kelengkapan cara dan syarat daftar CPNS 2021/2022 harus diketahui. Terutama jika Anda sednag berusaha menduduki salah satu tempat dari instansi negara yang sudah diincar. Tenang saja karena ternyata tidak sulit untuk kita penuhi.

 

Tentu melakukan pendaftaran harus degan kelengkapan yang baik karena saingan ada banyak. Bahkan pada tahun ini diperkirakan ada lebih dari 700 ribu orang ikut andil. Padahal posisi yang kosong jumlahnya tidak sebesar itu.

 

Syarat Pendaftaran CPNS Terlengkap dan Terbaru

 

Untuk syarat pertama ikutan CPNS tentunya masih termasuk Warga Negara Indonesia. Selain itu batas minimal umurnya 18 tahun, kalau perlu lebih. Lalu kalau usia tertua bagi para pendaftar yaitu 35 tahun.

 

Penting juga kalau Anda belum pernah menjadi tahanan. Sebenarnya sudah pernah masuk penjara boleh mendaftar CPNS. Tapi ada syarat khususnya yaitu tidak lebih dari 2 tahun sehingga bisa masuk sebagai PNS.

 

Ketahui juga kalau Anda juga belum pernah bekerja pada instansi negara dan keluar karena diberhentikan. Bahkan TNI atau Polisi juga tidak boleh ikutan. Terlebih karena sudah termasuk dalam instansi negara.

 

Syarat selanjutnya yaitu Anda bukan termasuk anggota partai politik. Kalau sekarang masih termasuk anggota parpol, maka haram ikut mendaftar. Jika mau tetap mendaftar, maka perlu keluar dulu dari parpol.

 

Sebelum mendaftar, usahakan juga kalau Anda memang punya kemampuan sesuai dengan posisi yang di lamar. Terlebih karena akan ditempatkan ke berbagai wilayah Indonesia. Bahkan meski daerah terluar dari negeri kita.

 

Syarat terakhir yang harus Anda siapkan yaitu kesehatan secara jasmani dan rohani. Tidak boleh ada kekurangan apapun dari segi jiwa raga. Kalau punya sedikit kekurangan, bisa saja langsung tergusur dari kandidat lain.

 

Cara Lolos Ujian CPNS Termudah

 

Kalau sudah merasa memiliki semua syarat diatas, maka tinggal langsung masuk ke website utama dari CPNS. Hal ini dilakukan sebelum memasukkan semua data yang sudah disiapkan. Selain itu perlu memiliki akun.

 

Dalam proses membuat akun disini sebenarnya terbilang cepat dan simple. Di mana hanya perlu memasukkan NIK dan KK beserta data diri lengkap yang dibutuhkan. Lalu akan ada dan tinggal klik chapta yang muncul.

 

Kalau sudah di klik, maka tinggal lanjutkan ke langkah berikutnya saja. Tidak lain wajib upload KTP dan pas photo disana. Jika data tersebut sudah dilengkapi, maka tinggal klik pendaftaran akun tersebut.

 

Untuk proses lebih lanjutnya, maka langsung login dan masuk portal SSCASN. Disini para pendaftar akan melakukan proses pengisian data. Selain itu perlu memilih seleksi yang diingnkan sampai formasi diri.

 

Terakhir, Anda masih perlu mengunggah berbagai macam dokumeh yang diperlukan. Kalau sudah lengkap, maka tinggal klik sudah diunggah. Lalu kemudian akan muncul resume, pastikan benar sebelum diresmikan.

 

Jika Anda mampu menjalankan rahasia kelolosan, maka akan segera sukses dalam ujian maupun langkah lainnya. Pasti untuk jalan ke depan akan jauh lebih sulit lagi. Tapi dengan cara dan syarat daftar CPNS 2021/2022 terpenuhi, akan lebih mudah.

Check Also

Cara Cek Bansos Secara Online atau Menggunakan Aplikasi

Cara cek bansos secara online saat ini tidak sesulit jika dibandingkan sebelumnya. Terlebih karena tidak …