Home / Kesehatan / 6 Cara Mengatasi Kebotakan Paling Ampuh
Cara mengatasi kebotakan
Cara mengatasi kebotakan

6 Cara Mengatasi Kebotakan Paling Ampuh

Jovagema.com – Botak merupakan sebuah kondisi yang hampir di alami oleh semua pria. Tertaksir sekitar 70% pria pasti mengalami masalah kebotakan pada rambut, yang mana itu merupakan suatu yang sudah tertanam dalam DNA yang tidak dapat Anda kendalikan. Lalu bagaimana cara mengatasi kebotakan ?

Tantangan paling utama dari kebotakan bukanlah bergantung dari aspek fisik, namun lebih kepada permainan emosional. Untuk itu, langkah awal untuk menghadapi kenyataan bahwa anda mengalami kebotakan adalah menerimanya. Meskipun begitu, ternyata Anda masih bisa mengatasi masalah kebotakan tersebut.

Cara mengatasi kebotakan paling ampuh

Cara mengatasi kebotakan
Ilustrasi botak ganteng by: pexels.com

Menyangkal kebotakan tidak akan membantu siapapun, sebab Anda akan selalu berakhir dengan sisir. Kita harus menerima itu semua dengan sedikit melakukan usaha agar memperlambat proses kebotakan atau bahkan mengatasinya.

Berikut adalah cara mengatasi kebotakan agar Anda tidak perlu menghawatirkan itu semua ( kebotakan ).

1. Gunakan produk penumbuh rambut berkualitas

Usaha pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membeli produk penumbuh rambut yang sudah terbukti kualitasnya. Tentu ini merupakan cara mengatasi kebotakan yang begitu efektif. Namun perlu di perhatikan, Anda tidak boleh salah memilih produk untuk mengatasi kebotakan, sebab jika Anda salah pilih produk akan berdampak pada kesehatan Anda. lebih baik menjadi tua dan botak, daripada berambut penuh dan mati, kan?

Intinya pilih produk dengan harga mahal dan memiliki kualitas yang bagus dan juga tidak menimbulkan efek samping. Sangat di sarankan untuk memakai bahan alami seperti kemiri dan bahan alami lain yang berguna untuk menumbuhkan rambut.

2. Mintalah saran dokter

Biasanya dokter akan menyarankan obat resep yang akan mempengaruhi hormon untuk menghentikan proses kebotakan sehingga Anda masih memiliki harapan mempertahankan kondisi rambut yang masih ada.

Saran dari dokter tentu cukup membantu kamu dan juga termasuk kedalam cara mengatasi kebotakan yang baik dan benar. Jadi, Anda tidak perlu canggung untuk konsultasi dan bertanya.

3. Sesuaikan model rambut

Cara mengatasi kebotakan dengan menyesuaikan model gaya rambut ini bertujuan agar Anda lebih PD dalam berpenampilan. Jadi, Anda hanya perlu memoles gaya rambut Anda sesuai dengan selera kepantasan menurut Anda dan juga jangan sungkan untuk meminta pendapat teman Anda untuk masalah style rambut.

Jika Anda lebih terlihat gagah dan berwibawa tanpa rambut kenapa harus repot-repot menghabiskan waktu merawat rambut yang semakin menipis namun Anda tidak memiliki kepantasan. Lebih baik plontos terlihat pantas daripada berambut tidak mencerminkan diri kita, Jadi PD adalah hal harus Anda lakukan jika hal itu sesuai dengan pola wajah Anda.

4. Pertimbangkan transplantasi rambut

Transplantasi bukanlah solusi yang terlalu buruk, yang mana proses ini akan membantu memindahkan rambut dari samping ke bagian atas kepala. Tentu saja ini adalah solusi mahal yang harus kamu lakukan ketika sudah frustasi menghadapi kenyataan rambut Anda tak kunjung tumbuh sekalipun sudah memakai produk penumbuh rambut. Hal ini juga tergantung pada metode yang di lakukan seperti misalnya tergantung pada jaringan parut untuk di tangani.

5. Tumbuhkan beberapa rambut wajah

Rambut wajah ini bisa berupa jenggot atau kumis. Fungsinya apa? fungsinya tentu agar orang mengalihkan pandangan ke rambut yang tumbuh pada garis wajah samping dan bawah Anda. Tentu saja hal itu ( menumbuhkan jenggot ) menimbulkan efek penyeimbang yang cukup bagus dan benar-benar mampu memberi kesan berbeda dalam penampilan.

6. Percaya diri

Ini adalah cara mengatasi kebotakan yang paling baik dan paling ampuh menurut kami ( lebih tepatnya tetap percaya diri akan kondisi saat ini ). Sebab Anda tidak sendiri karena merupakan salah satu dari sebagian banyak pria yang mengalami kebotakan. Dengan begitu Anda akan lebih santai dalam menghadapi kenyataan ini dan mampu menyesuaikan penampilan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Demikianlah yang bisa kami bagikan mengenai cara mengatasi kebotakan dan menghadapi kenyataan bahwa Anda harus tetap menjadi diri sendiri dengan kepercayaan diri yang tidak berkurang sedikitpun. Tetap semangat dan percaya akan penampilan yang menunjukkan inilah jati diri kita.

About Soadi

Menulis untuk hidup

Check Also

manfaat minyak kemiri untuk rambut

5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Jovagema.com – Kemiri merupakan tumbuhan yang bijinya biasa di manfaatkan sebagai rempah-rempah. Tak hanya itu, …

28 comments

  1. sebenarnya faktor pemicu kebotakan itu ada banyak hal, jadi untuk mengatasinya pun perlu mengetahui pemicunya terlebih dahulu. saya lebih memilih cara ke 2, karena dengan saran dokter pastinya akan lebih efektif.

    untuk cara nomor 1, apa ada rekomendasi penumbuh rambut berkualitas yang sudah terbukti ? paman saya pernah coba beberapa penumbuh rambut, tpi tidak berefek, apa penumbuh rambut ini juga cocok cocokan yah ?

    • Kita bisa lihat dulu levelnya udah sampai parah atau masih bisa di tangani. Biasanya kalo yang level parah itu cenderung kulit yang biasa di tumbuhi rambut terlihat lebih mengkilat ( halus ), biasanya yg seperti itu akan sedikit sulit tumbuh meskipun di beri obat penumbuh rambut, jalan keluarnya adalah minta saran dokter apakah harus melakukan transplantasi rambut atau mungkin dokter bisa memberi saran yang lebih mudah daripada harus melakukan transplantasi.

  2. Biasanya kebotakan ini dipengaruhi oleh faktor apa ya..?? Karena setahu saya jika sudah usia lansia akan mengalami kebotakan.. Namun faktanya saya pernah menjumpa orang yg usianya justru lebih muda dr saya.. Dan sudah mulai terlihat tanda tanda kebotakannya..

    • Terimakasi mas bagus pertanyaan ini nanti akan saya tambahkan ke update artikel ini.
      Salah satu faktor yang kami ketahui mengenai kebotakan ada 3 faktor :

      pertama adalah faktor keturunan, kedua faktor hormon lalu ketiga biasanya di akibatkan oleh kondisi pengobatan atau medis yang berdampak pada rontoknya rambut kita.

  3. gan kasih saran donk, obat apa yg paling recomended dan paling bagus untuk penumbuh rambut? kalau bisa yang mudah di dapat

    • Ada baiknya agan terlebih dahulu konsultasi pada dokter. Sebab untuk obat penumbuh rambut terkadang tidak semua berhasil tergantung jenis kulit dan juga kita harus meminimalisir terjadinya efek samping akibat penggunaan obat penumbuh rambut yang tidak cocok dengan jenis kulit agan…

    • Tapi agan bisa mengaplikasikan obat obatan alami yang juga telah terbukti menumbuhkan rambut seperti misalnya dengan memakai minyak kemiri… agan bisa search kolom pencarian mengenai manfaat minyak kemiri untuk rambut.. untuk meminimalisir terjadinya kebotakan

  4. Apakah benar, faktor penyebab terjadinya kebotakan pada rambut karena banyak pikiran yang berlebih?

    • Meskipun penyebabnya masih tidak jelas, beberapa studi mengatakan adanya hubungan antara stres (banyak pikiran yang mas kholis sebutkan tadi) dengan kebotakan ini. Salah satu penyebab kedua kerontokan akibat stres adalah melalui telogen effluvium. Normalnya, Anda akan kehilangan sekitar seratus helai rambut dalam sehari. Akan tetapi stres dapat menyebabkan kerontokan rambut lebih banyak dari yang seharusnya. Jadi sangat di sarankan untuk menjaga pikiran dari hal yang berat-berat hehee

  5. Kebetulan teman kerja saya ini mengalami kebotakan sejak usia 24 tahun, rambut kepala di bagian depan dan atas sedikit demi sedikit berkurang, diusia yang ke 27 semakin melebar kebotakanya. Hampir tidak ada rambut sehelaipun di kepala bagian depan. Namun rambut yang ada di bagian samping kanan dan kiri serta rambut di bagian belakang tumbuh normal, bahkan sangat lebat sekali, apa yang menyebabkan rambut rontok diarea tersebut hingga megalami kebotakan?

    Kira-kira kondisi yang seperti itu apa masih bisa diterapi ?

    • Jika kondisinya sudah seperti yang sudah di sebutkan, ada baiknya melakukan proses transplantasi ( proses ini akan membantu memindahkan rambut dari samping ke bagian atas kepala ). Mungkin proses ini akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal karena melibatkan beberapa pihak yang sangat paham betul mengenai proses transplantasi ini. Tapi alangkah baiknya sebelum mengambil keputusan transplantasi untuk meminta saran dari dokter terlebih dahulu

  6. Tipsnya sangat cocok untuk tetangga yang botak agar tumbuh lagi…nanti saya kasih tahulah tips yang ini . Mencoba dulu lah siapa tahu dapat bermanfaat

  7. Kebotakan merupakan hal yang manusiawi, tetapi jika dirasa mengganggu bisa di atasi dengan berbagai produk² yang ada di masa kini. Tetapi lebih direkomendasikan ke dokter seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini

  8. Sebenarnya solusi yang paling ampuh adalah percaya diri itu. Karena, seseorang sudah bisa menerima keadaan dirinya. Minimal bisa berkreasi dengan kebotakan itu. Meskipun begitu, jangan sampai saya botak dah.

  9. Jadi faktor kebotakan bukan hanya dari kanker kan kak?

    Soalnya takut kak hehe, misalnya bila sudah menggunakan produk penumbuh rambut, namun masih botak gimana?

  10. Min mau Tanya dong, apakah benar lelaki lebih rentan mengalami kebotakan dibandingkan dengan perempuan?

    • benar min, fakto sudah membuktikan jika laki-laki lebih rentan mengalami kebotakan. Salah satu ancaman terbesar para pria di usia paruh baya adalah menderita rambut rontok yang mengakibatkan kepala botak. Sekarang ini, rasanya tak lagi heran saat melihat pria usia 40-50 tahun memiliki area pitak di bagian tengah kepala. Bahkan, Pangeran William sekali pun tak terhindar dari kebotakan.

  11. kalau saya sih udah biasa di botak juga hihi

  12. biasanya botak itu kalau kebotakan itu karena adanya faktor keturunan, beberapa ahli medis mengatakan karena terlalu banyak mengeluarkan protein (o***i) sehingga rambutnya cepat rontok.

    Kalau saya setujunya dengan cara menumbuhkan bulu bulu di wajah khususnya jenggot sehingga terlihat balans, masalahnya bagaimana kalau yang botak itu cewek min?

    • Wanita normal biasanya mengalami rambut rontok 50-100 helai per hari. Rambut baru biasanya akan tumbuh menggantikan yang rontok. Namun, tidak bagi wanita yang mengalami gejala kebotakan.

      Kondisi ini secara medis disebut alopecia androgenetic mas uze. Ini adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan memicu kerontokan. Androgen adalah hormon yang berperan dalam pola kebotakan.

      Pria dan wanita sama-sama pernah mengalami rambut rontok, namun penipisan rambut pada wanita biasanya tidak seekstrem pria. Tanda-tanda gejala kebotakan pada wanita adalah perasaan rambut tidak setebal biasanya. Garis pada kulit kepala semakin jelas terlihat.

      jadi sangat kecil kemungkinan wanita mengalai kebotakan meskipun ada beberapa orang… biasanya wanita sangat di sarankan untuk memakai bahan-bahan alami untuk merawat rambut supaya tidak cepat rontok dan kering…. kecuali memang memiliki gejala paska pengobatan kanker… mungkin butuh waktu untuk memulihkan pertumbuhan rambut.

  13. Mau tanya min… Kakak sy mengalami kebotakan sejak dia mendaki selama seminggu. Dan divonis rambutnya tidak akan tumbuh lagi karena saat mendaki tersebut kakak sy tidak pernah melepas topinya. Adakah solusi untuk masalah ini???

  14. Artikel yang menarik, namun mencari produk yang berkualitas untuk membuat rambut tetap subur cukup sulit. Meskipun banyak produk yang memberikan iming-iming jaminan mengatasi kerontoka, namun setelah dicek ternyata produk tak resmi.

    Setelah membaca ulasan diatas, jadi paham kalau ternyata produk yang terbuat dari bahan herbal. Terutama bahan yang megandung kemiri, baik untuk kesuburan rambut. Artikel yang bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *