Cara Mengenkripsi Data Ponsel Android atau Tablet

Jova Gema, cara mengenkripsi data ponsel android – Setelah beberapa menjadi konsumen ponsel Android anda tentu sudah mengenal dengan istilah enkripsi android, namun apakah Anda tahu cara mengenkripsi data ponsel android?. Jika belum tahu, tepat sekali Anda berkunjung pada postingan kami kali ini. Karena pada pembahasan kali ini kami akan mengulas pembahasan mengenai bagaimana cara enkripsi data pada ponsel android. Yang mana pembasan berikut akan kami ulas secara jelas kepada Anda. Tanpa perlu berlama-lama yuk simak ulasan cara mengenkripsi data ponsel android di bawah.

Dulu google memperkenalkan full enkripsi perangkat pada android Gingerbread hingga saat ini sudah mengalami perubahan signifikan. Sekarang perangkat High-end yang sudah menjalankan sistem operasi Android lollipop atau lebih tinggi akan lebih mudah untuk di lakukan enkripsi.

Tujuan enkripsi data ponsel android

Tujuan dari dilakukannya enkripsi ini adalah untuk melindungi data sensitif pada ponsel Anda, seperti misalnya data bisnis atau data perusahaan yang sifatnya sensitif. Tentu hal ini agar Anda terhindar dari spionase yang bisa saja di lakukan oleh lawan bisnis Anda. Lawan yang hendak menyerang dan ingin membobol data-data tidak akan mudah mengaksesnya tanpa memiliki kunci enkripsi, meskipun ada kemungkinan bisa menemukan celah yang bisa di manfaatkan oleh pihak penyerang.

Meskipun Anda tidak memiliki data sensitif di ponsel Android Anda, namun Anda tetap bisa mengenkripsi data ponsel android Anda. Tujuannya agar ketika ponsel di curi, si pencuri tidak akan bisa mengakses kontak, email, alamat rumah dan juga berbagai informasi pribadi yang tersimpan di ponsel Anda. Meskipun ponsel hilang setidaknya data-data yang menurut Anda privasi bisa Anda lindungi.

Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum mengenkripsi data ponsel android

Pada kebanyakan ponsel Android baru biasanya sudah terenskripsi secara default (enksripsi aktif), tidak akan ada cara untuk menonaktifkan enkripsi. Namun, jika Anda memakai perangkat smartphone yang belum aktif enkripsinya, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Performa ponsel akan menurun

Meskipun ini sudah biasa terjadi pada ponsel yang enkripsinya di aktifkan, namun untuk ponsel dengan spek tinggi performanya tidak akan terasa turunnya.

Enskripsi adalah fitur searah

artinya jika Anda hendak menonaktifkannya Anda perlu melakukan reset factory dan memulai perangkat dari awal lagi. Jadi Anda harus siap dengan resiko seperti ini. Namun hal ini bukan hal berat karena Anda bisa memback up data sebelum melakukan rest factory.

Jika ponsel sudah di root Anda perlu meng-unrootnya

Anda tidak bisa mengenkripsi data pada ponsel android yang sebelumnya sudah di root. Jadi, Anda perlu meng-unrootnya terlebih dahulu.

Peringatan tersebut hanya untuk memberi tahu apa saja dampak yang bakal kita hadapi saat setelah hendak melakukan enskripsi pada ponsel android. Jadi Anda tingga memilih apakah mau melakuaknnya atau tidak.

Lalu, Bagaimana cara mengenkripsi data ponsel android

Cara mengenkripsi data ponsel android

Harus Anda tahu:

  • Proses enkripsi membutuhkan waktu berjam-jam
  • Baterai harus lebih dari 80% (sambil di cas agar saat mengenkripsi data ponsel android baterai tetap
  • mendukung proses hingga selesai)
  • Perangkat tidak boleh di root
  • Jika terlanjur di root, un root terlebih dahulu.
  • Yang terakhir tentunya Anda harus punya banyak waktu dan baterai untuk memulai proses enkripsi ini. Jika proses di akhiri sebelum selesai, maka resikonya semua data pada perangkat Anda akan hilang. Ada baiknya tinggalkan saja ponsel hingga proses selesai.

Jika beberapa proses sudah Anda lewati, maka Anda siap untuk mengenkripsi perangkat android.

Enkripsi akan secara default terjadi pada internal storage ( namun juga memungkinkan SD card )

  1. Jika perangkat belum terenskripsi mulailah untuk tap pilihan encrypt phone
  2. Lalu akan muncul peringatan dan tap kembali encrypt phone (biasanya proses ini berulang hingga 2 kali)
  3. Ponsel akan reboot dan enkripsi di mulai di tandai dengan tampilan progress bar dan perkiraan waktu selesai
  4. tunggu hingga selesai
  5. Masuk pada menu setting
  6. Kemudian tap security
  7. Masukkan password
  8. Akan terlihat jika ponsel sudah terenkripsi

Baca juga: 5 Aplikasi Wajib untuk Android yang Sudah di Root

Penutup

Itulah pembahasan yang bisa Jova Gema sampaikan untuk Anda mengenai Cara mengenskripsi data ponsel android, yang mana Anda bisa melindungi data-data sensitif dengan melakukan proses tersebut tentu dengan beberapa sedikit efek pada pernagkat android Anda. Sekian pembahasan yang bisa Jovagema.com bagikan untuk Anda, Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*