Home / Kesehatan / 40+ Cara merawat rambut rusak, rontok, kering, keriting dan mengembang
Cara merawat rambut
Cara merawat rambut

40+ Cara merawat rambut rusak, rontok, kering, keriting dan mengembang

Jovagema.comRambut merupakan sebuah mahkota bagi seorang perempuan. tentu memiliki sebuah rambut yang bagus,juga merupakan impian tiap-tiap kaum hawa. Namun untuk memiliki sebuah rambut yang indah dan sehat tentu saja kita harus menyisihkan waktu untuk merawatnya setiap hari. Apa harus setiap hari? tidak perlu setiap hari yang penting kita telaten terhadap kebutuhan pada rambut kita. Maka dari itu setiap orang harus tau bagaimana cara merawat rambut yang baik dan benar.

Telaten adalah salah kunci utama dari cara merawat rambut yang baik. Meskipun ada beberapa orang yang menggunakan produk perawatan rambut yang bagus namun tidak di gunakan secara teratur dan sesuai penggunaan yang di anjurkan, maka itu akan percuma saja.

Namun Anda tidak perlu khawatir dan bingung tentang bagaimana cara merawat rambut yang baik dan benar karena di bawah ini jovagema bakal kasih tips untuk kalian semua.

Cara merawat rambut rusak dan bercabang

Cara merawat rambut
Ilustrasi rambut bercabang by: medium.com

Orang-orang pasti kan sebel bukan main ketika mengetahui jika mahkota yang harusnya telihat indah dan rapi malah terlihat rusak dan tak terawat. Hal tersebut bisa di akibatkan oleh 2 hal, yang pertama karena tidak pernah di rawat dan yang kedua di rawat namun dengan cara merawat rambut yang salah. lalu bagaimana caranya ? simak beberapa cara berikut ;

  1. Potong bagian ujung rambut yang rusak. Hal ini di lakukan agar tidak menjalar ke bagian rambut yang masih sehat.
  2. Gunakan shampo pada daerah kulit kepala. Bilas pada bagian kulit kepala jangan terlalu sering membilasnya pada bagian rambut karena jika busa terlalu banyak pada rambut akan menyebabkan rambut malah makin rusak dan gampang patah.
  3. Pakai kondisioner sehabis keramas. Agar rambut lebih lembut dan memiliki cukup nutrisi.
  4. Gunakan Masker Rambut. Lakukan paling lama 2 kali atau 1 kali dalam seminggu agar kembali nampak kelembapan dan nutrisi pada rambut. Pakai bahan alami berkhasiat seperti misalnya yogurt, lidah buaya, madu dan bahan lain yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya.
  5. Konsumsi nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Artinya kita harus bisa memenuhi kebutuhan seperti vitamin A, Vitamin, Zinc dan juga protein.
  6. Pijat bagian kepala yang di tumbuhi rambut dengan Hot oil. pakailah alami yang sudah di panaskan seperti minyak kelapa, zaitun, rapessed atau canola hingga hangat, lalu gunakan untuk memijit kepala hingga merata.

Cara merawat rambut kering

Cara merawat rambut kering
Ilustrasi rambut kering jovagema.com

Sebelumnya sudah di bahas mengenai rambut rusak yang mana rambut rusak di sebabkan oleh keringnya rambut. Rambut kering di sebabkan oleh kurangnya kelembapan pada batang rambut. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki jenis rambut kering sejak lahir. Namun untuk mengatasinya kita bisa melakukan cara merawat rambut kering di bawah ini :

  1. Pakai vitamin rambut. Lakukan pemakaian sehabis setiap sehabis selesai keramas yang berguna melemaskan rambut yang kering dan bertekstur kasar.
  2. Gunakan kondisioner. Produk ini sangat di rekomendasikan untuk kamu ya mengalami masalah rambut kering ( gunakan sehabis keramas ).
  3. Hair mask. Pakai bahan-bahan alami seperti minyak kelepa, minyak zaitun, madu dan juga yogurt setidak seminggu sekali saja namun harus rutin.
  4. Hair wrap. Berguna untuk menjaga kelembaban rambut yang mudah kering.

Cara merawat rambut rontok dan tipis

Cara Merawat Rambut Rontok
Ilustrasi rambut rontok by: pexels.com

Masalah kerontokan dan penipisan rambut ini biasanya di akibatkan karena rambut kekurangan nutrisi yang berperan dalam penyuburan rambut. Lalu bagaimana merawat rambut yang rontok dengan benar? simak tips di bawah ini :

  1. Konsumsi suplemen penyubur rambut. Suplemen rambut biasanya mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin D, E, lysine, lycopene dan juga minyak ikan. Yang mana vitamin yang sudah kita sebutkan tadi sangat memiliki peran dalam membantu pertumbuhan rambut dan meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut kita.
  2. Pakai rebusan daun jambu. Rebusan daun jambu akan di buat sebagai tonik yang di semprotkan pada bagian rambut ( biasanya di lakukan setelah selesai keramas ) yang di ikuti dengan pemijatan pada bagian rambut dan kepala. Tonik daun jambu ini memiliki khasiat yang kaya akan manfaat seperti vitamin B, vitamin C dan juga zat besi yang memilik banyak kandungan baik terhadap kesehatan rambut.
  3. Gunakan masker bawang putih dan bawang merah. Ambil sari dari kedua bawang yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan sulfur.

Cara merawat rambut rontok berketombe

Ilustrasi rambut berketombe by: liputan6

Cukup menyebalkan pasti ketika rambut kita di penuhi ketombe. Akibat gatal yang tiap hari menghantui kepala membuat kita tidak berpikir panjang untuk menggaruk-garuk kepala yang efeknya pada rontoknya rambut. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya simak beberapa tips cara merawat rambut rontok berketombe di bawah ini:

  1. Gunakan masker lidah buaya dan jeruk nipis. Lidah buaya yang di padukan dengan sari lemon bermanfaat menyuburkan dan menyehatkan kulit kepala.
  2. Pijat dengan minyak dari pohon teh. Minyak dari pohon teh ini sangat kaya akan manfaat seperti mampu mengatasi ketombe dan juga jerawat pada kulit kepala. Selain itu minyak pohon teh juga memiliki khasiat melancarkan peredaran darah dalam proses penyuburan rambut.
  3. Jauhi minyak rambut bertekstur gel. Selain membuat rambut cepat kotor, kandungan bahan kimianya berdampak pada kesehatan batang rambut.
  4. Gunakan masker madu & pepaya. Perpaduan madu dan pepaya dapat menyuburkan rambut dan melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe.

nah, lakukan tips merawat rambut rontok berketombe di atas secara telaten agar hasilnya maksimal.

Cara merawat rambut keriting yang susah di atur

Cara merawat rambut keriting
Ilustrasi rambut keriting by: pexels.com

Apakah kamu termasuk kedalam golongan yang memiliki model rambut keriting? jika iya maka kamu orang yang sangat keren. Tentu saja hal ini tergantung dari bagaimana cara kamu merawatnya hingga jadi mahkota yang indah namun memiliki keunikan jika di bandingkan dengan rambut lurus. Jadi jangan malu jika memiliki rambut keriting, cukup maksimalkan perawatan sampai jadi mahkota yang lebih indah dari jenis rambut yang lain.

Kamu tidak perlu repot repot buat lurusin rambut, tapi lakukan tips di bawah ini :

  1. Pakai produk khusus untuk rambut keriting. Produk seperti apa ? produk seperti shampo, kondisioner dan styling product atau sejenisnya.
  2. Lakukan hair mask secara rutin. Hal ini bisa di lakukan dalam jangka waktu seminggu sekali saja agar rambut tetap lembut dan rapi.
  3. Pakai kondisioner. Biasanya kondisioner yang di pakai berupa krim penyisir rambut yang berguna agar rambut tidak liar kemana-mana.
  4. Gunakan handuk lembut. Handuk yang kasar akan sangat berpengaruh terhadap rusaknya permukaan dan batang rambut.
  5. Ikatlah rambut sebelum tidur. Hal ini di lakukan agar rambut tidak kusut ketika bangun tidur.

Cara merawat rambut panjang

Cara merawat rambut panjang
Ilustrasi rambut panjang by: hello sehat

Yang sangat sering terjadi kerusakan dan masalah pada rambut panjang biasanya terletak pada bagian ujungnya. Sebab bagian ujung rambut adalah bagian paling tua dari rambut. Artinya jika tidak benar-benar di rawat tentu ujung rambut akan mengalami kerusakan yang bisa saja menjalar ke bagian akar rambut. Untuk mengatasi masalah di atas, ada beberapa cara marawat rambut panjang yang bisa di lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Gunakan vitamin pada ujung rambut. Hal ini di lakukan karena yang paling rawan rusak berada pada bagian ujung rambut, jadi usahakan berfokus pada ujung rambut.
  2. Gunakan minyak almond. kekayaan nutrisi yang terkandung dalam almond cukup penting untuk kesehatan rambut. Beberapa kandungan seperti fosfolipid, vitamin E, omega3 dan magnesium sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut.
  3. Pakailah jus lidah buaya ( untuk masker rambut ). Tumbuk atau blender daging lidah buaya lalu pakaikan pada rambut secukupnya.
  4. Rutin kondioner sehabis keramas.

Cara merawat rambut agar tidak mengembang

Ilustrasi rambut mengembang by: tribunnews.com

Memiliki rambut mengembang bak singa jantan tentu adalah hal yang cukup menjengkelkan. Lebih-lebih kita tidak bisa PD saat ingin bertemu dengan orang-orang di luar. Namun sepertinya Anda yang memiliki rambut seperti ini tidak perlu lagi merasa khawatir, Sebab akan selalu ada solusi di setiap masalah yang kita hadapi. Agar rambut tidak liar seperti rambut singa, kamu bisa menerapkan cara merawat rambut di bawah ini:

  1. Bilas dengan cuka apel. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan pH pada kulit kepala dan batang rambut. Efeknya rambut tidak akan kembali mengembang dan tidak akan terlalu kering. Lalu bagaimana cara memakaikan cuka apel pada rambut ? caranya mudah cukup campurkan cuka apel dengan air, Lalu tuangkan pada rambut dan diamkan selama kurang lebih 5 menit kemudian bilas beberapa saat.
  2. Gunakan masker alpukat & yogurt. Berfungsi sebagai kondisioner atau pelembab alami yang kaya akan nutrisi.
  3. Pakai vitamin rambut. Berfungsi melembutkan rambut yang kering dalam waktu singkat sekali.

Cara merawat rambut agar lurus

Berbeda dengan rambut keriting yang memang sudah keriting, rambut lurus terkadang memiliki masalah tiba-tiba menjadi keriting karena terlalu kering dan tak terawat. Bisa di bilang keriting nanggung sangat tidak bagus dalam model rambut apalagi keritingnya di sebabkan oleh kerusakan pada batang rambut. Nah, berikut ini kamu bisa menerapkan cara merawat rambut agar lurus di bawah ini :

  1. Gunakan vitamin rambut. Selain untuk melemaskan rambut, vitamin juga mampu menjadikan rambut tampak lebih lurus dengan cepat, karena rambut terlihat lebih lembab dan tertata.
  2. Jangan biasakan mengikat rambut. Yang mana ikatan rambut lebih mudah membuat rambut kita bergelombang.
  3. Gunakan bilasan santan dan jeruk nipis. Sebagai pengganti kondisioner.
  4. Rutin hair mask. Minimal seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.
  5. Sisir dan Keringkan rambut dengan hair dryer. Hal ini bertujuan agar rambut terlihat lebih lurus dan rapi. Selagi di keringkan dengan hair dryer ikuti dengan menyisir rambut secara terus menerus hingga rambut kering.

Cara merawat rambut pria

Cara Merawat rambut pria
Ilustrasi rambut pria by : pexels.com

Merawat rambut pria tidak sesusah merawat rambut wanita. Namun jika ada pria yang memiliki rambut panjang, maka sama saja cara perawatannya bukan.

Berikut ini adalah cara merawat rambut pria yang bisa di terapkan agar rambut lebih terawat :

  1. Jangan terlalu sering pakai pomade. Apalagi pomade yang membuat rambut mudah rapuh seperti pomade yang tidak berbasis air.
  2. jangan terlalu sering keramas sehabis mandi. Karena membuat keseimbangan pH kulit menjadi tidak seimbang. Minimal kamu bisa keramas 1 kali sehari saja.
  3. Gunakan kondisioner. Agar rambut tidak kaku dan tetap sehat pakailah conditioner secara rutin.
  4. Pakai minyak rambut alami. Tapi gunakan hanya sekali-kali saat berada di rumah saja yaa teman-teman.

Cara merawat rambut secara alami

Cara merawat rambut secara alami
Ilustrasi bahan alami untuk rambut by: journal sociolla

Sebelumnya kita sudah membahas cara merawat rambut rusak, kering, rontok, bercabang dan kerusakan lainnya. Kali ini kita akan mengulas cara alami merawat rambut agar rambut tetap sehat tanpa perlu ada kandungan kimia.

Berikut ini beberapa bahan terbaik yang bisa di manfaatkan untuk kesehatan rambut.

  1. Konsumsi sayuran hijau. sayuran yang kaya akan methyl sulphony methane (MSM) yang bisa meningkatkan produksi keratin pada rambut.
  2. Gunakan masker putih telur dan lidah buaya. Berfungsi menyuburkan dan melebatkan rambut.
  3. Masker pisang. Memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang menyehatkan dan melembutkan rambut.
  4. Masker alpukat. Mengatasi rambut kering dan rusak.
  5. Pakai masker santan instan & jeruk nipis. agar rambut sehat, lebat, lembut, dan bebas lepek.

Itulah cara merawat rambut dengan berbagai metode dan bahan alami. Namun perlu di ingat untuk memilih bahan yang tidak menimbulkan alergi pada kulit atau bisa sesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang memiliki masalah pada rambut.

About Soadi

Menulis untuk hidup

Check Also

manfaat minyak kemiri untuk rambut

5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Jovagema.com – Kemiri merupakan tumbuhan yang bijinya biasa di manfaatkan sebagai rempah-rempah. Tak hanya itu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *