image source : freepik.com

Cara Trading Saham Untuk Pemula

Berinvestasi saham tidak sesulit yang dipikirkan kebanyakan orang. Tentu ada banyak metode trading saham yang bisa dicoba oleh seorang pemula, misalnya trading online melalui smartphone pribadi. Selain itu, banyaknya informasi yang tersedia yang juga dapat mempersiapkan Anda saat mulai mempelajari pola dan kondisi pasar saat ini. Ingat bahwa selalu tidak ada kata terlambat apalagi untuk memulai trading saham ini.
Jadi, apa yang perlu Anda lakukan kapan dan sebelum Anda mulainya? Simak informasi berikut ini agar tidak salah dalam melakukan trading saham!

Tentukan Indeks Saham yang Tepat


Setidaknya ada sekitar 22 jenis indeks saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pelajari tentang jenis yang biasa digunakan oleh operator saham. Misalnya, Anda dapat memilih LQ45 atau IDX30, keduanya sangat likuid dan didukung oleh perusahaan berkualitas yang dapat diandalkan. LQ45 sendiri merupakan salah satu indeks pasar saham Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari 45 perusahaan. Sementara itu, IDX30 merupakan 30 saham dengan likuiditas tertinggi.

Pilihlah Sekuritas yang Sesuai


Ketika Anda membeli saham, Biasanya anda akan menggunakan pialang saham yang mengenakan biaya untuk setiap transaksi yang anda lakukan. Pilihlah sekuritas yang menawarkan persentase biaya yang lebih rendah dahulu, misalnya 0,20% dari total pembelian saham anda nanti. Ini agar keuntungan lebih baik dan untuk memastikan cara yang lebih optimal untuk memperdagangkan saham Anda.

Rencanakan Periode Trading Saham


Ada dua cara trading saham berdasarkan periodenya, yaitu long term dan short term. Dalam jangka pendek, risiko kerugian lebih besar, tetapi ada peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat.

Di sisi lain, ada peluang keuntungan yang lebih tinggi saat memperdagangkan saham untuk jangka panjang. Jika saham memiliki reputasi yang baik, fundamental dan kinerja yang baik

Lakukan dengan Kesabaran


Tidak semua metode trading saham akan efektif jika tidak dipadukan dengan kesabaran. Sebagai pemula, anda disarankan untuk menggunakan modal dalam jumlah kecil terlebih dahulu dan menambah jumlah seiring pemahaman Anda meningkat perlahan.
Begitupun ketika anda nanti menghadapi suatu kerugian, maka hadapilah dengan pikiran jernih dan tenang lalu anda bisa lakukan penurunan rata-rata dahulu dengan membeli saham yang nilainya sedang turun saat itu. Maka anda masih dapat memperoleh keuntungan bahkan ketika kondisi pasar kembali stabil nantinya.

Check Also

Aplikasi Saham Terbaik 2021

Unduh Aplikasi Penghasil Uang [DISINI]Unduh Aplikasi Bansos [DISINI]Unduh Penghasil Uang Terbaik [DISINI] Bagi pengguna internet zaman sekarang, aplikasi …