Daftar Fitur Baru Windows 10 Versi 1809 yang Patut Dijajal

Jovagema.com – Sejumlah fitur baru Windows 10 versi 1809 diluncurkan untuk mengoptimalkan performa sistem operasi besutan Microsoft tersebut. Walau sempat mengalami beberapa kali masalah, update yang kali pertama diluncurkan pada Oktober 2018 ini pada akhirnya dirilis ulang setelah diperbaiki. Berikut fitur-fitur yang bisa Anda nikmati dari Windows 10 versi 1809 pada komputer maupun laptop.

Fitur Baru Windows 10 Versi 1809

  • Your Phone

Sesuai namanya, fitur ini bakal memudahkan Anda mengintegrasikan ponsel atau telepon dengan PC dan laptop bersistem operasi Windows 10. Sejauh ini baru ponsel-ponsel berbasis Android yang dapat memakai Your Phone dan hanya bisa mengakses konten berupa foto.

  • Pengaturan font size

Sebenarnya, fitur ini sempat bisa diakses pada update April 2018, tetapi tanpa alasan jelas ditarik pihak Microsoft. Pengaturan font size lalu kembali pada update Oktober 2018 dengan desain termutakhir. Jadi, Anda bisa mengganti ukuran huruf bila dirasa versi Microsoft kurang jelas.

  • Sketch Screen

Sketch Screen adalah fitur baru Windows 10 versi 1809 yang merupakan versi teranyar dari Snipping Tool. Fungsinya tak jauh berbeda dari pendahulunya, yakni menangkap layar (screen capture) dengan layanan termutakhir dan pastinya memudahkan Anda sebagai user.

  • Sistem pencarian baru

Microsoft mengubah tampilan sistem pencarian dengan menghubungkannya langsung ke Cortana. Ketika Anda mencari file, maka hasil pencariannya akan muncul pada bagian kiri halaman beserta detail dari file yang bersangkutam. Jadi, Anda tak perlu membukanya terlebih dahulu.

  • Clipboard berbasis cloud

Sepertinya, Microsoft semakin gencar mengenalkan sistem cloud kepada user. Pada versi 1809, mereka pun menyematkan sistem tersebut pada Clipboard. Artinya, Anda bisa menyalin teks ke aplikasi dengan mudah di mana dan kapan saja lewat perintah shortcut Windows+V.

  • Dark mode di File Explorer

Dark mode atau tema gelap perlahan tapi pasti diaplikasikan pada setiap komponen Microsoft. Kali ini, mereka menanamkannya pada File Explorer. Fitur baru Windows 10 versi 1809 ini tidak hanya memberi kesan elegan pada File Explorer, tetapi juga menghemat pemakaian baterai pada laptop Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*