10+ Manfaat Jeruk Nipis sebagai Obat Tradisional

Jova Gema, Manfaat Jeruk Nipis sebagai Obat – Apakah Anda tahu jika jeruk nipis bisa di pakai untuk obat tradisional, Jika iya, maka tepat sekali Anda membaca artikel ini. Karena pada pambahasan kali ini kami akan mengulas khasiat jeruk nipis sebagai obat. Pembahasan tersebut akan kami ulas secara jelas dan lengkap agar memberikan referensi yang baik untuk Anda. Mari kita simak sama-sama seperti apa manfaat jeruk nipis sebagai obat yang sudah kami rangkum pada artikel di bawah ini.

Jeruk nipis (Lat Citrus aurantifolia) adalah jenis tanaman yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan. Tumbuhan jeruk nipis biasa tersebar di amerika tengah dan Asia. Jeruk nipis merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaat, sehingga banyak sekali orang yang mengetahui manfaat jeruk mipis.

Manfaat jeruk nipis sangat banyak seperti khasiatnya bisa kita gunakan untuk kesehatan, wajah, rambut dan juga untuk diet. Kandungan bervitamin yang terkandung dalam jeruk nipis yang berfungsi menjaga tubuh dari luar maupun dari dalam. Rasa masam menjadi ciri khas dari buahnya, namun khasiatnya sangat bagus jika di manfaatkan dengan baik.

Seperti suku jeruk yang lain, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C. Namun kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis lebih banyak jika di bandingkan dengan suku jeruk lainnya. Selain vitamin C, jeruk nipis juga kaya akan karbohidrat, lemak, serat, protein, vitamin B (B1,B2,B3,B5), kalsium, zat besi, asam folat, fosfor, magnesium, kalium, seng, gula dan juga asam sitrat (penyebab rasa masam pada jeruk nipis). Berikut akan kami ulas beberapa manfaat jeruk nipis yang bisa kamu pelajari dan aplikasikan kegunaannya.

Manfaat jeruk nipis sebagai obat

Manfaat jeruk nipis sebagai obat
Ilustrasi jeruk nipis by pexels.com
  • Menghilangkan panu

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, yang mana antioksidan tersebut mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat meusak sel-sel dalam tubuh. Selain itu kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis mampu mengontrol pertumbuhan jamur pada kulit sehingga kulit terhindar dari bakteri penyebab panu.

Sebelumnya kita pernah membahas cara menghilangkan panu dengan jeruk nipis dan bahan alami lainnya. Namun kembali akan kami jelaskan tata cara menghilangkan panu dengan jeruk nipis di bawah ini :

  1. Sediakan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  2. Sediakan juga 1 sendok makan belerang yang sudah di tumbuk halus
  3. Aduk keduanya hingga merata
  4. setelah di aduk dan berbentuk krim oleskan pada bagian yang terkena panu
  5. Diamkan kurang lebih 1 sampai 2 jam
  6. Kemudian bersihkan dengan air hangat
  • Memutihkan gigi

Kandungan asam dalam jeruk nipis mampu mengatur kadar pH di dalam mulut dan juga menjadi zat antibakteri yang sangat efektif mengatasi bakteri penyebab gigi kuning.

Manfaat jeruk nipis mampu memutihkan gigi kita sehingga kita lebih percaya diri dalam penampilan. berikut ini cara mengaplikasikan jeruk nipis pada gigi kita, agar gigi menjadi lebih sehat.

  1. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  2. Lalu peras jeruk nipis kedalam gelas berisi air hangat
  3. Pakai untuk berkumur
  4. Lakukan 3 kali sehari hingga gigi bersih dari bakteri yang menempel.
  • Mengobati sakit gigi dan gusi yang bengkak

Selain dapat memutihkan gigi, manfaat jeruk nipis juga bisa di gunakan untuk membasmi bakteri penyebab sakit gigi. Hal ini di karenakan jeruk nipis memiliki kandungan antibakteri yang kaya akan khasiat sehingga menyehatkan rongga dalam mulut.

Berikut cara mengaplikasikannya :

  1. Sediakan 2 buah jeruk nipis
  2. Peras kedalam gelas berisi air hangat
  3. Lalu gunakan untuk berkumur

Cara ini sama seperti cara memutihkan gigi, jadi bisa di lakukan dalam satu metode untuk mengatasi 2 masalah pada gigi Anda.

  • Menurunkan kolesterol

Selain berfungsi pada penyembuhan panu, kandungan falvonoid dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh. Berikut ini cara mengaplikasikan manfaat jeruk nipis dengan benar.

  1. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  2. Peras kedalam gelas berisi air hangat
  3. Minumlah 2 kali sehari sebelum dan sesudah tidur
  4. Konsisten agar kolesterol jahat dalam tubuh cepat hilang
  • Meningkatkan kekebalan sistem imun

Lakukan dengan meminum perasan air jeruk nipis yang di campur dengan air hangat agar kekebalan tubuh menjadi lebih terjaga. Dengan mengkonsumsi air perasan tubuh Anda akan selalu nampak bugar dan sehat setiap saat.

  • Mencegah penyakit kanker

Jeruk nipis memiliki kandungan liminoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti kanker dan leukimia. Anda tentu tidak ingin semua itu terjadi, jadi jangan pernah malas mengkonsumsi jeruk nipis demi kesehatan Anda.

  • Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini di karenakan jeruk nipis memiliki kandungan kalium yang kaya akan bermanfaat.

  • Menghilangkan bau badan dan ketiak

Kita tentu semua sudah tau jika jeruk nipis kaya akan vitamin C. Yang mana kandungan tersebut mampu menetralkan bau pada badan. Pakailah sebagai pengganti deodoran dan gunakan sehabis mandi secara rutin.

  • Meredakan radang tenggorokan

Berikut cara mengaplikasikan jeruk nipis untuk mengobati radang pada tenggorokan.

  1. Peras 1 buah jeruk nipis kedalam gelas
  2. Campurkan air hangat dan 3 sendok makan madu
  3. Minumlah 2 kali sehari
  • Menyehatkan ginjal

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis mapu mencegah proses pengikatan mineral lain oleh kalsium sehingga Anda akan terhindar dari penyakit ginjal.

  • Membantu mengobati Asam urat

Banyak sekali khasiat asam sitrat dalam jeruk nipis. Selain menjaga kesehatan ginjal, kandungan tersebut juga mampu melarutkan asam urat secara alami.

  • Menyeimbangkan pH tubuh

pH tubuh yang seimbang akan sangat berdampak pada tubuh sehat. Jika pH dalam tubuh Anda tidak seimbang maka besar kemungkinan Anda akan sakit. Maka janganlah malas untuk mengaplikasikan manfaat jeruk nipis yang sudah terbukti khasiatnya. Setidaknya konsumsi air perasan jeruk nipis seminggu sekali agar tubuh Anda selalu terjaga dari sakit.

Baca juga : Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Tubuh

Penutup

Itulah pembahasan yang bisa Jova Gema sampaikan untuk Anda mengenai manfaat jeruk nipis sebagai obat, yang mana jelas sekali jika jeruk nipis sangatlah menguntungkan. Sekian pembahasan yang bisa jovagema.com bagikan untuk Anda, Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*