Home / Kesehatan / 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut
manfaat minyak kemiri untuk rambut
ilustrasi buah kemiri by: merdeka.com

5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Jovagema.com – Kemiri merupakan tumbuhan yang bijinya biasa di manfaatkan sebagai rempah-rempah. Tak hanya itu, kemiri juga di manfaatkan sebagai sumber minyak, yang mana minyak yang di ekstrak dari bijinya sering di gunakan untuk keperluan industri. Namun, sebagian orang juga tentu sudag tahu jika minyak kemiri juga memiliki manfaat yang bagus untuk rambut.

Dahulu, minyak kemiri sering di pakai untuk merawat kesehatan rambut kepala. Bahkan hingga sekarang minyak dari biji kemiri masih sangat sering di gunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Hal ini di sebabkan oleh pesatnya perkembangan sains dan teknologi yang begitu pesat sehingga bukti jika minyak kemiri memiliki manfaat untuk rambut banyak terkuak di mana-mana. Tentu saja manfaat dan khasiat tersebut di ketahui setelah di lakukan beberapa penelitian untuk membuktikan manfaat minyak kemiri untuk rambut.

Berikut kami akan mengulas tuntas tentang manfaat, jenis, dan juga cara penggunaan minyak kemiri yang benar, simak untuk sama-sama merasakan manfaatnya ya guys…

Manfaat minyak kemiri untuk rambut

manfaat minyak kemiri untuk rambut
ilustrasi buah kemiri by: merdeka.com

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

manfaat minyak kemiri yang pertama tentu saja untuk menjaga kesehatan rambut kita. Minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak dan asam amino yang mampu menembus bagian batang rambut dan kulit kepala. Efeknya rambut akan terlihat lebih hitam berilau, tebal, halus dan kulit kepala menjadi lebih sehat. Jadi bukan alasan untuk tidak memanfaatkan khasiat dari minyak asal hawaii ini.

2. Meminimalisir terjadinya kerontokan

Kerontokan adalah hal yang paling di takuti para kaum hawa. Sebab rambut akan terlihat semakin menipis dan nampak kurang sehat. Nah, tapi kekhawatiran itu bisa di obati dengan memanfaatkan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala.

3. Menjaga kelembapan kulit

Minyak kemiri memiliki kandungan ektrak lemak yang berfungsi melembapkan kepala. Kecepatan minyak kemiri meresap ke dalam pori-pori kulit kepala mampu menutrisi kulit dalam seketika, sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam penggunaannya.

4. Melindungi rambut dari sinar matahari

Tahukah kamu jika kandungan vitamin pada minyak kemiri mampu menangkal kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari? Hal tersebut di karenakan minyak kemiri memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang mampu menjadi antioksidan yang melindungi rambut. Jadi, untuk kamu yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan ada baiknya untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan minyak kemiri.

5. Menumbuhkan rambut

Salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah menyuburkan pertumbuhan rambut. Bagi kamu yang mengalami kebotakan yang tak terlalu parah ada baiknya untuk mencoba khasiat dari kemiri.

Jenis minyak kemiri dan metode pembuatannya

Tahukah kamu jika ada 2 metode dalam proses pembuatan minyak kemiri yang menghasilkan dua jenis minyak kemiri.

Metode bakar

Metode pembuatan pembuatan minyak dengan di bakar biasanya akan menghasilkan minyak kemiri yang hitam legam. Meskipun memiliki warna hitam legam, minyak kemiri ini punya beberapa kelebihan seperti :

  1. Lebih tahan lama dan awet
  2. Bisa di pakai di area selain rambut seperti area alis, kumis, jenggot dan jambang.
  3. Tidak menyebabkan alergi pada kulit kepala.
  4. Lebih cepat menumbuhkan dan menyuburkan rambut serta memperbaiki akar rambut yang rusak dan mati.
  5. Lebih ampuh dalam urusan menghitamkan, menyehatkan dan menutrisi hingga ke akar dan batang rambut.

Namun, minyak yang di hasilkan dari metode ini ( bakar ) juga memiliki beberapa kekurangan, Seperti :

  1. Mengotori tangan, baju dan apa yang tersentuh oleh minyak tersebut.
  2. Aroma gosong yang menyengat.

Metode perasan

Jika metode bakar menghasilkan minyak kemiri berwarna hitam legam, maka metode perasan menghasilkan minyak berwarna bening. Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut :

  1. Lebih mudah dalam pengolahannya
  2. Minyak tidak mengotori kepala, baju dan apapun tersentuh seperti kain.
  3. Aroma minyak berbau sedap seperti minyak goreng dan tidak berbau gosong.

Kekurangan metode perasan :

  1. Mudah menimbulkan alergi untuk orang dengan jenis kulit tertentu.
  2. Cepat basi jika salah menyimpan di tempat yang benar.
  3. Minyak yang di hasilkan tidak banyak jika di bandingkan dengan metode bakar.
  4. Tidak seampuh metode bakar yang mampu menumbuhkan dan menghitamkan rambut.

Cara menggunakan minyak kemiri yang baik dan benar

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang sudah kalian simak di atas akan sangat manjur jika penggunanaanya di lakukan dengan baik dan benar. Tidak sembarang pakai, ada beberapa hal yang perlu di terapkan dan di perhatikan dalam menggunakan minyak kemiri. Nah, berikut tips penggunaan minyak kemiri yang tepat :

1. Oleskan lalu pijat kulit kepala

Hal yang pertama yang harus di lakukan adalah mengoleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala di lanjutkan dengan memijit kulit kepala agar prose penyerapan minyak pada ulit kepala berlangsung cepat. Hal ini berdampak pada rileksnya bagian kulit kepala.

2. Diamkan beberapa saat

Jika sudah mengoles dan memijit kulit kepala sebaiknya biarkan selama 1 sampai 2 jaman agar kandungan nutrisi pada minyak kemiri semuanya terserap kedalam batang rambut dan kulit kepala.

3. Bilas dengan air secara perlahan

Setelah di diamkan selama kurang lebih 1-2 jam, bilas rambut dan kulit kepala dengan air secara perlahan. Bilas hingga tidak ada sisa serbuk kemiri ( jika memakai kemiri hitam ) yang masih tersangkut pada rambut.

4. Gunakan secara rutin

Yang paling penting adalah penggunaan yang rutin hingga memperoleh hasil yang baik dan maksimal. Jangan malas untuk merawat diri jika ingin tampil maksimal bukan.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat minyak kemiri untuk rambut dan juga tips dalam menggunakannya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat…..

About Soadi

Menulis untuk hidup

Check Also

Cara mengatasi kebotakan

6 Cara Mengatasi Kebotakan Paling Ampuh

Jovagema.com – Botak merupakan sebuah kondisi yang hampir di alami oleh semua pria. Tertaksir sekitar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *