Home / Islami / 16 Manfaat Puasa Daud Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani
manfaat puasa daud
manfaat puasa daud

16 Manfaat Puasa Daud Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Jovagema.com – Manfaat Puasa Daud – Apa itu puasa daud ? Apa bedanya dengan puasa sunah-sunah lainnya ? Puasa Daud merupakan puasa yang paling istimewa di hadapan Allah SWT. Seperti Dijelaskan dalam sebuah Hadist Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam  malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.”[1]

Hadist di atas menjelaskan keutamaan puasa daud yang merupakan puasa sunah yang paling Dicintai oleh Allah SWT. Salah satu dampak positif bagi orang yang mengerjakan puasa ini adalah orang akan lebih bisa memperhatikan kewajiban-kewajibannya. Ada banyak sekali manfaat puasa daud yang bisa kita rasakan setelah kita mulai mempraktekkannya. Di bawah ini adalah beberapa Manfaat Puasa Daud Bagi Kesehatan jasmani dan rohani.

16 Manfaat Puasa Daud Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Daud
Manfaat Puasa Daud

Dari berbagai sumber yang telah beberapa pakar riset, ada banyak sekali manfaat puasa daud yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi siapa saja yang mempraktekkan puasa sunah daud ini. Berikut ini adalah khasiat puasa daud untuk kesehatan jasmani dan rohani :

1. Untuk Kesehatan Mental

Menurut seorang pakar kesehatan ( allan cott ), Puasa memberikan dampak positif pada kesehatan fisik dan membuat mental seseorang menjadi lebih baik. Selain itu puasa mampu membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak berlebih dalam tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Imune

Menurut Riyad Albiby dan Ahmed Ekadi manfaat berpuasa yaitu meningkatkan kekebalan tubuh (sistem Imune) terhadap penyakit. Hal tersebut dikarenakan fungsi sel limfa menunjukkan peningkatan dalam produksi sel limmfosit T.

3. Mencegah Resiko penyakit jantung

Jalan saour seorang pakar kesehatan mengatakan jika berpuasa mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal tersebut di karenakan berkurangnya cairan pada saat sedang berpuasa akan menurunkan kinerja jantung yang akan meminimalisir terjadinya penggumpalan darah pada jantung.

4. Membuat Awet Muda

Dalam sebuah bukunya yang berjudul “whay Fast” atau “mengapa Puasa”, Allan Cott M.D menuturkan sebuah pernyataan berdasarkan beberapa hasil penelitian dari para ilmuan jika puasa dapat memperlambat proses penuaan. Artinya dengan berpuasa kita akan lebih terlihat awet muda.

5. Mencegah Resiko Diabetes

Sementara itu, Intermountain Medical Centre Heart Institute menyatakan jika dengan berpuasa kita akan tercegah dari kemungkinan diabetes dan penyakit arteri. Hal tersebut di buktikan dengan adanya perubahan signifikan dalam kolesterol darah orang berpuasa.

Baca Juga : Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis

6. Meningkatkan pesona kecantikan

Seorang direktur Lembaga Makanan Sehat “fultonia” di amerika serikat ( Alvenia M. Fulton) menuturkan jika puasa adalah cara terbaik untuk perempuan yang ingin tampil cantik secara alami. Puasa dapat membuat kulit menjadi sehat dan segar karena setiap saat tubuh mengalami metabolisme energi akibat berpuasa.

7. Menyehatkan persendian

Sebuah riset juga membuktikan bahwa puasa mampu memberikan efek memperbaiki radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri. Hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan sendi sendi yang ada dalam tubuh kita.

8. Memerangi Sel Kanker

Profesor Ilmu usia lanjut dan Ilmu Biologi di universitas california ( valter Longo ) menjelaskan bagaimana cara mengalahkan sel kanker dengan membentuk lingkungan yang ekstrim seperti berpuasa. Dimana sel-sel yang normal dapat merespon dengan cepat perubahan ekstrim tersebut, tidak seperti sel kanker.

9. Menjadi Hamba yang selalu bersyukur

Dengan mempraktekkan puasa daud, kita akan lebih bisa bersyukur karena kita belajar menjadi orang lebih buruk dari kita secara finansial sehingga kita tidak lagi sering mengelu saat kekurangan.

10. Mengendalikan emosi

Orang yang mempraktekkan puasa daud dengan istiqomah akan di jauhkan dari perasaan emosi. Hal tersebut di karenakan orang yang berpuasa lebih bisa mengontrol diri untuk menjaga sempurnanya puasa yang di lakukan dan akan menjadi kebiasaan seterusnya.

11. Mempertajam perasaan

Dengan menjalankan puasa daud yang rutin akan memberikan kita kemampuan mempertajam perasaan sehingga kita bisa selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Kita akan mudah memahami perasaan orang-orang yang posisinya berada di bawah kita.

12. Memiliki jiwa yang tenang dan tentram

Seseorang yang mempraktekkan puasa daud secara ikhlas akan merasa dirinya di lindungi dan tidak ada yang perlu di takutkan. Mereka akan yakin kemanapun mereka pergi dan seperti apapun posisi mereka, Allah SWT selalu berada di sisi mereka.

13. Dijauhkan dari maksiat

Tentu saja hal ini benar karena orang yang berpuasa secara ikhlas akan merasa bahwa dirinya harus selalu menjauhkan diri dari hal yang berbau maksiat.

14. Meningkatkan ketaqwaan

Seperti halnya tujuan berpuasa yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Artinya dengan kita berpuasa, ketaqwaan kita terhadap Tuhan yang menciptakan kita semakin bertambah. Dengan mendekatkan diri padaNya melalui berpuasa daud, maka kita juga akan lebih terjaga dari api neraka.

15. Bertambahnya ilmu pengetahuan

Dari aspek pengetahuan, secara tidak sadar ketika kita mempraktekkan puasa daud Allah akan memberikan ilmu pengetahuan kepada kita tanpa kita duga. Allah akan menganugerahkan ilmu yang istimewa bagi siapa-siap yang melaksanakan puasa daud. Kita akan lebih memperhatikan waktu luang kita agar di pergunakan untuk beribadah dan memperoleh hidayah dari Allah SWT.

16. Menurut kalian yang pernah melakukan puasa daud

Nah, untuk manfaat yang terakhir, admin akan meminta komentar bagi kalian yang pernah melaksanakan puasa daud. Apa yang kalian rasakan setelah mempraktekkan puasa nyang sangat di cintai oleh Allah SWT.

Tata Cara Pelaksanaan Puasa Daud

Bagi Anda yang ingin mempraktekkan puasa Daud Berikut ini adalah tata cara pelaksanaannya :

  • Niat

Niat berpuasa bisa di lakukan di antara waktu sehabis sholat isya’ dan sebelum waktu imsak subuh. Berikut adalah bacaan doa niat puasa daud :

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA”

Artinya :

Saya niat puasa daud, sunnah karena Allah Ta’ala

  • Sahur

Sebelum melaksanakan puasa, kalian di sunahkan agar makan sebelum tiba waktu imsak

  • Melaksanakan puasa dengan ikhlas dan tulus

Puasa Daud di lakukan dengan berpuasa sehari dan tidak puasa di hari berikutnya kemudian melakukan puasa lagi di hari ketiga dan seterusnya begitu…

Nah, itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Puasa Daud bagi kesehatan jasmani dan rohani. Semoga bisa meningkatkan keimanan dan menambah kemauan kita untuk selalu beribadah kepadaNya.

About Soadi

Menulis untuk hidup

Check Also

Niat puasa senin kamis

Niat Puasa Sunah Senin Kamis dan Tata Cara Pelaksanaanya

Jovagema.com – Niat Puasa Sunah Senin Kamis sangat populer di kalangan umat muslim. Kepopuleran tersebut terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *