10 Manfaat Puasa Senin Kamis ( No. 8 dan 9 sangat Disukai Kaum Hawa )

By | 9 Maret 2019

Jovagema.com – Manfaat Puasa Senin Kamis – Puasa senin kamis merupakan puasa sunah yang sangat di anjurkan bagi seorang muslim yang mampu mengerjakannya. Meskipun puasa ini hukumnya tidak wajib, namun ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengerjakan puasa senin kamis.

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang apa Manfaat Puasa Senin Kamis, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui dan memahami kembali pengertian dari puasa senin kamis.

Pengertian Puasa Senin Kamis

Manfaat puasa senin kamis

Manfaat puasa senin kamis

Puasa senin kamis merupakan puasa sunah yang di laksanakan pada setiap hari senin dan kamis sesuai dengan nama dari puasa tersebut. Pasti sebagian dari Anda akan bertanya-tanya kenapa harus di hari senin dan kamis ? Jawabannya puasa sunah sebenarnya bukan hanya di lakukan di hari senin dan kamis, namun kita kembali ke nama puasa itu sendiri dan bagaimana asal-usulnya. Terdapat belasan bahkan mungkin puluhan jenis puasa sunnah, diantaranya puasa daud, puasa tengah bulan, puasa syawal, puasa muharram, puasa senin kamis dan sebagainya.

Mengenai di anjurkannya puasa sunah senin kamis, terdapat banyak sekali hadist yang bisa di jadikan dalil. Salah satu dalil tersebut adalah dari Siti ‘Aisyah r.ha :

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيس

Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362)

Sebagai umat muslim yang senantiasa berpegangan pada Al-Qur an dan Hadist tentu saja kita harus meneladani contoh-contoh yang di berikan oleh junjungan nabi besar kita Nabi Muhammad SAW. Selain menjadi tambahan untuk mendekatkan diri kita pada Allah SWT, ternyata puasa senin kamis memiliki banyak manfaat loh bagi yang mengerjakannya. Lalu apa sih manfaat yang bisa kita peroleh dari mengerjakan puasa senin kamis ? Simak ulasannya di bawah ini.

10 Manfaat Puasa Senin Kamis

Berikut ini manfaat yang bisa kamu peroleh jika rutin mengerjakan sholat sunah senin kamis :

1. Lebih banyak beramal

Orang yang menjalankan puasa senin kamis dengan ikhlas akan berdampak pada meningkatnya keimanan sehingga semakin banyak melakukan amalan baik. Dengan melakukan puasa sunah ini, orang akan merasakan bahwa setiap harinya dia membutuhkan tambahan amal untuk akhirat kelak. Jadi setelah melakukan puasa sunah senin kamis biasanya seseorang cenderung akan lebih ikhlas dalam melakukan amalan baik di dunia. Hal tersebut tentu merupakan sebuah dampak positif bagi kita dengan terkumpulnya pahala untuk mengimbangi dosa-dosa yang pernah kita lakukan di masa lalu setidaknya.

2. Memberikan ketenangan jiwa dan perasaan

Jika Anda terbiasa melakukan puasa senin kamis, Anda akan bisa lebih mengontrol diri dari hal-hal bersifat dunia. Anda akan lebih bisa menahan diri untuk tidak marah dan mampu menahan hawa nafsu serta pikiran-pikiran negatif. Dengan terkontrolnya diri berarti Anda akan memiliki perasaan lebih tenang dari sebelumnya. Percuma saja jika kita bergelimangan harta namun di hantui rasa stres, takut, depresi dan selalu merasa kukurangan. Untuk menghilangkan perasaan buruk tersebut, mari kita coba mempraktikan puasa senin kamis agar pikiran kita lebih terkontrol.

3. Lebih peka dengan lingkungan sekitar

Manfaat Puasa Senin Kamis berikut ini masuk dalam semua manfaat semua jenis puasa. Yang mana metode puasa adalah menahan diri dari haus dan lapar. Tentu hal tersebut akan membuat kita bisa mengerti perasaan orang-orang yang berada di bawah kita dalam urusan duniawi seperti orang miskin dan tidak mampu. Anda akan sadar jika Anda saat ini berada di posisi beruntung tidak berada di posisi mereka. Di sini Anda sudah belajar peka terhadap lingkungan sekitar sehingga Anda akan lebih peduli terhadap sesama yang membutuhkan bantuan Anda dan mengajari Anda untuk tidak melulu mengeluh soal dunia.

4. Hawa nafsu lebih terkendali

Hawa nafsu merupakan rintangan yang harus kita lawan untuk bisa selamat di akhirat kelak. Namun melawan hawa nafsu memang sangat sulit untuk di lakukan. Sebab banyak sekali godaan yang di hadapkan pada kita setiap harinya. Untuk bisa belajar mengendalikan hal tersebut, ada baiknya jika kita melakukan puasa sunah senin kamis. Seperti halnya pada manfaat nomer 2 bahwa dengan berpuasa senin kamis kita bisa lebih mengontrol diri juga berlaku pada pengendalian kita terhadap hawa nafsu.

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh bukan hanya di lakukan dengan berolah raga saja. Namun, Anda harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Nah, dengan berpuasa senin kamis Anda bisa merasakan manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan tubuh. Semua toksin berlebih dalam tubuh akan di keluarkan melalui keringat dan sistem pembuangan pencernaan. Dengan berpuasa sunah senin kamis tubuh kita akan lebih sehat dan bugar apalagi jika di barengi dengan memakan buah kurma pada saat berbuka puasa dan sahur. Yang mana Manfaat Buah Kurma juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

6. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh

Memiliki lemak berlebih pada tubuh akan membuat kita mudah terserang penyakit. Selain berolahraga secara teratur dan juga diet sehat, kita juga bisa mempraktekkan puasa senin kamis untuk mengurangi lemak yang ada pada tubuh kita. Akan lebih baik jika ketiga cara tersebut bisa kita lakukan dengan bijak dan benar. Selain mengurangi lemak, kita juga akan lebih menjaga kesehatan kita dari serangan penyakit. Jika masih terkena penyakit, Wallauhu A’lam karena kita hanya bisa berusaha terhindar dan berikhtiar bukan 🙂 .

7. Mengistirahatkan organ pencernaan

Ibarat sebuah mesin, organ pencernaan juga bisa rusak jika terlalu sering di pakai untuk memproses segala hal secara terus menerus. Dalam kasus ini, artinya kita di anjurkan untuk mengistirahatkan sistem pencernaan kita setidaknya 2 kali dalam seminggu. Jika hanya tidak makan dan minum lebih baik kita melakukan metode tersebut sambil beribadah yakni dengan berpuasa senin kamis.

Karena kenyataannya kita akan lebih lapar dan haus jika hanya sebatas tidak makan dan minum jika di bandingkan dengan berpuasa dengan niat. Jika tidak percaya, buktikan saja dengan melakukan puasa senin kamis lalu seminggu setelahnya kamu tidak makan dari subuh hingga maghrib ( tanpa niat puasa ). Di sana Anda akan melihat perbedaannya.

8. Peremajaan sel kulit

Sebagaimana telah disebutkan dari situs skinverse.com (Situs tentang kesehatan kulit), bahwasanya Sel-sel kulit manusia yang sudah mati perlu diganti. Kita tidak perlu bantuan produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi. kita hanya perlu melakukan puasa senin kamis secara rutin. Hal itu dikarenakan, berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa, Hal itu menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.

Seperti halnya pada peremajaan kulit, saat kita berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh kita juga akan ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel tubuh bekerja lebih maksimaldari biasanya. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang. Manfaat ini tentu sangat di sukai bagi kalangan kaum hawa. Bahkan kaum adam pun akan sangat meyukai jika dampak dan Manfaat Puasa Senin Kamis seperti ini.

9. Mengencangkan kulit

Sebagian dari Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang apa hubungannya antara berpuasa dengan proses mengencangnya kulit. Seperti pada pembahasan pada nomer 8 yang menjelaskan jika sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal ketika metabolisme dalam tubuh di istirahatkan dalam rentan waktu sehari dengan berpuasa. Dampak baiknya akan terlihat pada organ luar tubuh yang lebih sehat dan kencang.

10. Mempercantik kaum wanita secara alami

Peremajaan kulit dari dampak berpuasa senin kamis tentu akan membuat sel-sel kulit seperti misalnya kulit wajah terlihat lebih bersih dan segar. Hal tersebut tentu merupaka idaman bagi semua kamu hawa yang ingin mempercantik diri dari dalam maupun luar. Mempercantik diri tidak perlu mengeluarkan biaya dengan belanja make up secara terus menerus, namun juga perlu kita mempercantiknya secara alami.

Apalagi di lakukan dengan metode sambil beribadah. InshaAllah kecantikan itu akan terasa lebih berkah di hadapan Allah dan hambaNya.Setelah kita mengetahui manfaat yang di timbulkan dari berpuasa senin kamis, masihkah kita ragu untuk menambah amalan kita untuk bekal akhirat nanti ?. Nah, bagi kamu yang ingin mempraktekkan ibadah puasa sunah senin kamis namun belum tau niatnya, kamu bisa lanjut ke pembahasan Niat puasa sunah senin kamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *