Home / Teknologi / 4 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis
Manfaat Teknologi dalam bisnis

4 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis

Manfaat teknologi informasi dalam bisnis – Teknologi informasi merupakan istilah yang menjelaskan tentang teknologi apa saja yang menunjang aktivitas manusia, untuk membuat, menyimpan, mengubah, mengkomunikasikan serta menyebarkan informasi. Contoh Teknologi Informasi tidak hanya berbentuk komputer pribadi saja, melainkan juga TV, telepon, peranti genggam modern, dan perlengkapan rumah tangga.

Apa Peranan Teknologi Informasi Bagi Masyarakat?

Perkembangan teknologi informasi merupakan hal yang menggembirakan. Hal ini dikarenakan dengan berkembangan teknologi informasi, setiap manusia bisa mendapatkan informasi secara luas tidak terbatas oleh apapun dengan mudah dan cepat. Hal ini bisa kita lihat dari perkembangan internet yang semakin hari semakin pesat, mulai dari platform media sosial, website, dan masih banyak lagi yang siap membantu manusia untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan.

Lalu, Apa Saja Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis?

Dengan menggunakan teknologi informasi dalam bidang bisnis, tentu saja bisa memberikan dampak positif untuk menjalankan bisnis dengan mudah. Adapun manfaat teknologi informasi bagi kelangsungan bisnis, ialah sebagai berikut :

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis
Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis
  • Munculnya E-Business Sebagai Peluang Bisnis Baru

Dengan teknologi informasi yang semakin berkembang dapat mendorong setiap orang dalam menciptakan peluang-peluang bisnis yang menguntungkan sekaligus sebagai modal usaha yang juga sangat menguntungkan, adapun contohnya ialah Google. Seperti pemanfaatan search engine (mesin pencari) google yang banyak dimanfaatkan untuk mencari informasi berbagai informasi yang dibutuhkan di internet, imbasnya perusahaan Google pun mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

  • Mengurangi Biaya Operasional dan Biaya Produksi

Kemajuan teknologi informasi bisa membantu setiap perusahaan untuk mengurangi jumlah biaya produksi, karenanya perusahaan bisa memperoleh keuntungan besar dengan cara meminimalisir pengeluaran sekaligus mengurangi biaya operasional, karenanya perusahaan bisa meningkatkan jumlah produksi barang yang diproduksinya.

  • Mempermudah Komunikasi dan Monitoring

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dapat mempermudah monitoring dan komunikasi bersama para karyawan, sehingga karyawan pun tak perlu lagi repot-repot berkumpul bersama atau pergi ke ruang rapat, sebab Anda dapat melakukan teleconference dengan mudah untuk berkomunikasi tentang berbagai ide.

  • Komunikasi Lebih Cepat

Dengan fasilitas yang tersedia di internet, Anda bisa langsung melakukan komunikasi lebih cepat bersama klien atau mitra kerja tanpa terbatas waktu. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan email berupa dokumen, video, ataupun gambar untuk menunjang aktivitas bisnis Anda.

About Soadi

Menulis untuk hidup

Check Also

Perbedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perbedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jovagema – Perbedaan teknologi informasi dan komunikasi bisa dilihat dari pengertian dan penerapannya. Teknologi komunikasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *