Niat Puasa Sunah Senin Kamis dan Tata Cara Pelaksanaanya

By | 9 Maret 2019

Jovagema.com – Niat Puasa Sunah Senin Kamis sangat populer di kalangan umat muslim. Kepopuleran tersebut terjadi karena puasa sunah senin kamis sering sekali di kerjakan oleh suri teladan umat muslim yakni nabi Muhammad SAW. Selain itu, manfaat puasa yang sudah di rasakan oleh orang-orang yang mempraktekkannya juga menjadikan puasa sunah ini di gemari oleh umat Islam. Manfaatnya bisa di rasakan oleh diri sendiri yang berdampak pada orang lain yang juga ingin mempraktekkannya.

Namun, tentunya ibadah harus di lakukan dengan niat dan kemauan yang kuat. Ibadah di lakukan bukan karena unsur gengsi atau ingin di puji karena hal tersebut tentu tidak akan ada gunanya sama sekali dan malah akan mendatangkan dosa. Lalu bagaimana jika kita ingin benar-benar mempraktekkannya secara ikhlas namun belum tahu bagaimana Niat Puasa Sunah Senin Kamis dan Tata Cara Pelaksanaanya ?

Di bawah ini kita akan membahas pertanyaan tersebut agar kamu lebih mudah menjalankan niat dan mempraktekkannya.

Niat Puasa Sunah Senin Kamis dan Tata Cara Pelaksanaanya

Niat puasa senin kamis

Niat puasa senin kamis

Di bawah ini adalah niat puasa sunah senin kamis yang akan kami ulas dengan terjemahan dan cara penulisaannya dalam bahasa indonesia :

1. Niat

Niat biasanya di lakukan di antara setelah sholat isya’ dan waktu sahur. Tntu saja niat harus di lakukan sepenuh hati dan tanpa ada unsur paksaan dari siapapun.

Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ   صَوْمَ     يَوْمَ  اْلاِثْنَيْنِ   سُنَّةً   للهِ   تَعَالَى

” NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA ”

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari senin, sunah karena Allah ta’ala”

Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ   صَوْمَ    يَوْمَ   الْخَمِيْسِ   سُنَّةً   للهِ    تَعَالَى

” NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA ”

Artinya: “Saya berniat puasa hari kamis, sunah Karena Allah ta’ala”

2. Sahur

Sahur (Arab: سحور ‎), juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan ataupun jika besok akan melaksanakan puasa sunah senin kamis. Batas waktu sahur berada pada saat sudah tiba waktu imsak.

3. Menjalankan puasa dengan niat yang tulus dan ikhlas

Cara pelaksanaan puasa sunah senin kamis sama saja dengan pelaksanaan puasa lainnya baik itu puasa fardlu ataupun puasa sunah lainnya. Yang menjadi faktor pembeda adalah pada bacaan niat, manfaat dan hikmah rahasia yang terdapat pada puasa sunah senin kamis. Sebagai mana di sebutkan dalam sabda Rosulullah jika pada hari senin dan kamis adalah hari di mana amalan kita di angkat.

Rosululloh SAW bersabda :

Artinya : ” Amalan di angkat pada hari senin dan kamis, maka Aku menyukai jika ketika amalanku di angkat aku dalam keadaan sedang berpuasa. ” ( HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah )

Di samping keutamaan hari senin dan kamis yang merupakan hari amalan kita di angkat harusnya kita bisa lebih tulus dan ikhlas dalam melakukan ibadah puasa sunah senin kamis. Meskipun hanya puasa sunah, namun manfaat puasa senin kamis dan keutamaannya sungguh luar biasa bagi kita umat muslim.

Pembahasan mengenai Niat Puasa Sunah Senin Kamis dan Tata Cara Pelaksanaanya ini bisa kamu jadikan amalan untuk kemudian kamu praktekkan dan memberitahukannya pada keluarga dan orang yang kamu sayangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *