Home / Teknologi / Perbedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perbedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perbedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jovagema – Perbedaan teknologi informasi dan komunikasi bisa dilihat dari pengertian dan penerapannya. Teknologi komunikasi merupakan peralatan hardware (perangkat keras) dalam sebuah struktur organisasi yang memiliki nilai sosial, sehingga memungkinkan tiap orang untuk mengumpulkan, kemudian memproses, lalu saling bertukar informasi dengan orang lain.

Sementara teknologi informasi sendiri ialah sebuah teknologi yang memadukan antara komputasi dengan komunikasi yang membagikan data, video, maupun suara.

Perbedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

teknologi informasi umumnya lebih fokus pada hasil informasi/data yang didapatkan, sementara untuk teknologi komunikasi sendiri lebih fokus tentang bagaimana hasil data bisa disalurkan, dibagikan, lalu disampaikan pada tujuan. Perkembangan teknologi informasi meningkat cepat sesuai dengan perkembangan komputer beserta piranti pendukungnya dan perkembangan dari teknologi komunikasi yang telah tersedia.

Sementara teknologi komunikasi dapat berkembang cepat seiring perkembangan teknologi sistem modulasi, sistem transmisi dan elektronika, sehingga sebuah informasi bisa disampaikan dengan tepat dan cepat.

Bentuk Teknologi Informasi

Perbedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Komunikasi Suara, ialah bentuk komunikasi yang menggunakan indera pendengaran dan suara dari tempat terpisah pada jarak tertentu.

Komunikasi Gambar dan Tulisan, adalah komunikasi yang membagikan atau mengirimkan informasi berupa tulisan maupun gambar. Biasanya gambar yang dibagikan bisa berupa gambar diam, atau gambar hidup, seperti gambar grafis atau gambar teknik.

Komunikasi Data, merupakan informasi berbentuk berita dan data yang dikirimkan menggunakan perangkat komputer sebagai pengirim sekaligus penerima informasi, dan dengan memanfaatkan jaringan telepon.

Aplikasi Teknologi Komunikasi

Adapun penerapan dari teknologi komunikasi biasanya ditentukan dari seberapa jauh teknologi komunikasi bisa membuka akses ke berbagai jaringan dan layanan informasi. Ada 2 tahapan proses aplikasi teknologi komunikasi, diantaranya :

Tahapan Inisiasi

Tahapan inisiasi terdiri dari 2 tingkatan, yaitu tingkatan agenda – setting dan tingkatan matching. Jika nilai dari kedua tingkatan inisiasi tersebut positif, maka timbulah akan timbul keinginan mengambil teknologi komunikasi sesuai yang diinginkan.

Tahapan Implementasi

Untuk tahapan implementasi terdiri dari 3 tingkatan, diantaranya tingkatan redefining, clarifying, dan tingkatan routinizing.

Itulah beberapa perbedaan teknologi informasi dan komunikasi serta aplikasi kedua teknologi tersebut yang tentu saja sangat bermanfaat untuk Anda ketika memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk kebutuhan Anda!

About Soadi

Menulis untuk hidup

Check Also

Aplikasi Pembuat Logo di PC

5 Aplikasi Pembuat Logo di PC Terbaik 2019

Jovagema – Aplikasi Pembuat Logo di PC – Karena berkembangnya dunia teknologi kita bisa melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *