Tata Cara, Niat, Doa dan Keutamaan Sholat Tahajud Lengkap

By | 10 Maret 2019

Sholat Tahajud – ( Qiamul Lail ) merupakan sholat sunah yang sangat di istimewakan. Hal ini dikarenakan sholat tahajud adalah satu-satunya sholat sunnah yang perintahnya jelas di sebutkan dalam kitab suci Al Qur’an dengan beberapa keutamaan yang telah terpapar di dalamnya.

Sebagai seorang yang mengimani akan keutamaan dari sholat tahajud tentu dia akan selalu melaksanakannya setiap hari jika terbangun di sepertiga malam. Lalu apa sih keutamaan sholat tahajud, bagaimana tata cara, niat dan doanya ? Nah, di bawah ini akan kita bahas semua pertanyaan-pertanyaan di atas secara lengkap, jadi simak baik-baik yaa sobat.

Hukum Sholat Tahajud

Apa hukum melaksanakan sholat tahajud ?

Sholat Tahajud hukumnya sunnah muakkad yang artinya sangat di tekankan untuk kita melaksanakannya namun tidak di wajibkan.

Shalat sunnah ini telah tetap berdasarkan dalil dari Al-Qur-an, Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan ijma’ kaum Muslimin.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” [Adz-Dzaariyaat/51 : 17-18]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” [As-Sajdah/32 : 16-17]

Pada awalnya, sholat ini di wajibkan bagi setiap muslim. Namun setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunnah muakkad bagi kaum muslim. Sedangkan khusus bagi Rasulullah, sholat ini hukumnya wajib sehingga beliau tidak pernah meninggalkannya.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud

Ilustrasi Sholat tahajud by islami.co

Sholat tahajud memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, dan seharusnya kita bisa termotivasi untuk membiasakan diri lalu mengamalkan pada umat muslim lainnya.

1. Memiliki Kedudukan Terpuji

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebahagian malam, lakukanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat ke tempat yang terpuji” [Al-Israa/17 : 79]

Firman diatas menjelaskan bahwa Allah akan mengangkat ke tempat terpuji bagi siapa-siapa yang ikhlas dan selalu melaksanakan sholat tahajud.

2. Kunci Masuk Surga

Sholat sunnah tahajud juga merupakan kunci menuju surga Allah Azza wajalla, sebagaimana hadist yang di sampaikan oleh Rosululloh SAW :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أَفْشُوا السَّلاَمَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَام،َ وَصِلُوا اْلأَرْحَامَ، وَصَلُّوا باِللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْـجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

Wahai manusia! Sebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah silaturahmi, dan shalatlah di malam hari ketika orang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.” [5]

3. Sholat Sunnah Paling Utama

Rosululloh SAW bersabda dalam sebuah Hadist :

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

Dari Hadist di atas kita bisa mengambil point penting bahwa sholat tahajud ( Qiamul Lail ) adalah sholat sunah yang paling afdhol hampir setara dengan sholat fardhu di wajibkan oleh Allah SWT.

4. Doa Terkabul

Orang yang berdoa saat setelah melakukan sholat tahajud akan mudah di jabah dan di kabulkan oleh Allah. Orang yang sholat tahajud akan cenderung lebih khusyu’ dan sekaan akan terhubung penuh perasaan. Bahkan tak jarang orang yang berdoa di sepertiga malam selalu meneteskan air mata seakan akan dia sedang berhadapan langsung di depan Rabb nya.

5. Memiliki Kemuliaan dan Kewibawaan

Bagi siapa-siapa yang melaksanakan sholat tahajud, maka akan memiliki kedudukan mulia di dunia dan akhirat. Allah akan selalu menempatkan orang yang melaksanakan sholat tahajud pada kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

6. Kebiasaan Orang Shalih

Orang – orang shalih terdahulu selalu terbiasa melaksanakan sholat malam, artinya jika kalian yang juga rajin melaksakan sholat tahajud bisa termasuk kedalam golongan orang-orang yang shalih. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW :

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِـحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ لَكُمْ إِلَى رَبِّكُمْ وَمَكْفَرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الْإِثْمِ.

Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, ia sebagai amal taqarrub bagi kalian kepada Allah, menjauhkan dosa, dan penghapus kesalahan.” [4]

7. Pencegah dan Penghapus Dosa

Tidak ada manusia sempurna di dunia ini, setiap orang pasti pernah melakukan dosa. Entah itu dosa seperti apa setiap orang pasti pernah melakukannya. Kita bisa menghapus dosa-dosa kecil kita dengan menjalankan sholat tahajud dan berdoa memohon ampun kepadaNya.

Selain itu dengan selalu melaksnakan sholat tahajud seseorang akan cenderung takut melakukan perbuatan dosa. Hal itu dikarenakan dia merasa dekat dan selalu merasa di jaga oleh Allah SWT.

8. Menolak Penyakit

Orang yang selalu mengamalkan sholat sunah ini akan senantiasa di jaga kesehatannya oleh Allah SWT. Tentu saja ini merupakan hikmah yang begitu menguntungkan bagi kita.

Waktu Sholat Tahajud

Sunnah Tahajud biasa di lakukan di sepertiga malam dan selepas bangun tidur. Itulah kenapa sholat ini di sebut juga Qiamul Lail yang merupakan malam di mana malaikat turun ke bumi mencatat siapa yang terbangun dari tidur dan melaksanakan sholat malam. Kedatangan malaikat sering di sadari oleh hewan seperti ayam. Saat ayam berkokok di tengah malam artinya dia mengetahui jika beberapa malaikat telah turun ke bumi dan siap mencatat apa saja yang di lakukan manusia pada sepertiga malam.

Tata Cara Sholat Tahajud

Bagaimana tata cara melaksanakan sholat tahajud yang benar ?

Pada dasarnya taca cara sholayt tahajud sama halnya dengan tata cara sholat sunah lainnya. Sebelum sholat di isyaratkan membersihkan diri dari hadast kecil dan hadast besar. Badan, pakaian dan tempat harus suci dari najis, menutup aurat dan menghadpa ke arah kiblat tentunya.

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menerangkan, hendaklah sebelum tidur berniat untuk bangun sholat tahajud sehingga jika ia tertinggal (tidak bisa bangun), tetap mendapat pahalanya.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu menjelaskan, sebelum memulai sholat tahajud, disunnahkan untuk memakai siwak. Juga disunnahkan mengawalinya dengan dua rakaat ringan.

Tahajud di kerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam. Ada perbedaan pendapat dari para ulama mengenai batasan jumlah rakaat sholat tahajud. Rasulullah terkadang melaksanakan 11 rakaat termasuk witir dan terkadang 13 rakaat termasuk witir. Namun minimal kita hanya mengerjakan 2 rakaat saja. Jika di ringkas, tata caranya sama dengan sholat sunnah dua rakaat pada umumnya, yaitu:

  • Niat
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang-panjang.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam

Demikian diulangi hingga empat kali salam (delapan rakaat). Kemudian berdoa. Dan setelah itu ditutup dengan sholat witir.

Niat Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud sesuai dengan kesepakatan para ulama bahwa tempat niat adalah hati. Melafalkan niat bukanlah suatu syarat. Artinya, tidak harus melafalkan niat. Namun menurut jumhur ulama selain madzhab Maliki, hukumnya sunnah dalam rangka membantu hati menghadirkan niat.

Niat sholat tahajud :

niat sholat tahajud

“Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa”

Artinya yaitu “Aku (berniat) shalat tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala”.

Doa

Doa sesudah sholat tahajud insya Allah dipenuhi oleh-Nya. Terutama bila ditangani di sepertiga malam yang paling akhir, saat paling istijabah untuk berdoa.

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

Apapun yang ingin kalian minta, mintalah hanya kepada Allah SWT entah itu kebutuhan dunia ataupun akhirat. Selain itu berdoalah memohon ampunan padaNya dan manfaatkan sepertiga malammu dengan baik untuk selalu mengucapkan istighfar kepadanya.

Sekian pembahasan mengenai sholat tahajud dan tata cara pelaksanaannya. semoga bisa membantu kamu untuk istiqomah dalam menjalankan sunnah dan kewajiban yang di perintahkan oleh Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *